Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Medco Berharap Menteri ESDM Baru Lebih Friendly Terhadap Pasar

Pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif oleh Presiden Joko Widodo disambut baik  oleh publik, termasuk pelaku bisnis subsektor minyak dan gas bumi (migas) nasional.
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Menteri ESDM Arifin Tasrif

Bisnis.com, JAKARTA — Pelantikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif oleh Presiden Joko Widodo disambut baik  oleh publik, termasuk pelaku bisnis subsektor minyak dan gas bumi (migas) nasional.

Presiden Direktur PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) Hilmi Panigoro mengatakan sosok Arifin Tasrif sudah menguasai bidang energi. Menurutnya, Arifin yang lama berkecimpung di sektor petrokimia dipercaya menguasai sektor energi dan sumber daya mineral.

"Saya sudah kenal lama dengan pak Arifin dan [dia] sangat menguasai bidangnya. Dia kan tumbuh di petrokimia, terakhir jadi dubes. Dari segi profesi dan wawasan politik mumpuni lah jadi menteri," katanya, Rabu (23/10/2019).

Terpilihnya Arifin Tasrif menggantikan Ignasius Jonan diharapkan lebih membawa angin segar untuk industri nasional. Dia pun berharap Arifin lebih friendly kepada pelaku usaha.

"Pekerjaan rumah utama adalah, saya pikir keyword, harus lebih friendly pada pasar," tambahnya.

Hilmi pun menyebut ada isu yang dapat menjadi fokus kerja awal Arifin, seperti memperbaiki aktivitas investasi migas, peningkatan program EOR, dan transisi energi menuju energi terbarukan.

Untuk memperbaiki iklim investasi, menurutnya, aturan fiskal dan kepastian hukum dapat lebih ditingkatkan. Terkait EOR, dia mengaku sempat menyampaikannya kepada Menteri ESDM periode 2017 - 2019 Ignasius Jonan untuk menggali sumber minyak baru dari program pengurasan.

"Menurut saya, satu peluang yang bisa dipetik tentunya dengan memberikan term and condition yang tailor made, yang sengaja dibuat untuk itu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper