Nahkodai Kemendag, Seperti Apa Sepak Terjang Agus Suparmanto di Dunia Perdagangan?

Kementerian Perdagangan resmi memiliki nakhoda baru dalam masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma’ruf Amin, yakni Agus Suparmanto.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  12:02 WIB
Nahkodai Kemendag, Seperti Apa Sepak Terjang Agus Suparmanto di Dunia Perdagangan?
Ketum PB Ikatan Anggar seluruh Indonesia Agus Suparmanto tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perdagangan resmi memiliki nakhoda baru dalam masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Wapres Ma’ruf Amin, yakni Agus Suparmanto.

Kendati menduduki posisi strategis di bidang perdagangan, rupanya Agus yang merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa belum terlalu dikenal di sektor tersebut.

Dalam sejumlah pemberitaan di media massa, Agus lebih banyak diberitakan sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI). Dia tercatat menjaabat posisi tersebut dalam dua periode berturut-turut yakni 2014-2018 dan 2018-2022.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, sebagai pebisnis nama Agus hanya terekam sebagai Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB). Adapun perusahaan tersebut merupakan penggarap proyek pembangunan dok kapal di Pelabuhan Sungai Manggar, Kabupaten Belitung Timur.

Kendati demikian, Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Benny Soetrisno mengaku tidak terlalu mempermasalahkan latar belakang sang menteri baru tersebut. Dia juga tidak mempersoalkan kursi Menteri Perdagangan yang kembali dijabat oleh kader partai seperti pendahulunya, yakni Enggartiasto Lukita dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Benny mengklaim Kadin siap membantu Agus untuk menjalankan tugasnya sebagai Menteri Perdagangan secara maksimal.

“Kadin akan siap membantu. Walaupun beliau [Agus] tidak memiliki backgroud perdagangan yang kuat, kan masih ada eselon I dan II Kemendag yang bisa membantu juga,”katanya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
menteri perdagangan

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top