Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perusahaan Jasa Transportasi Darat Pura Trans Siap Masuk Pasar Saham

Setelah mengadakan mini expose dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Putra Rajawali Kencana (Pura Trans) berencana menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada Desember 2019.
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan berlalu-lalang di jalan tol di samping proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga
Ilustrasi - Sejumlah kendaraan berlalu-lalang di jalan tol di samping proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek Elevated./Bisnis-Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah mengadakan mini expose dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Putra Rajawali Kencana (Pura Trans) berencana menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada Desember 2019.

Perusahaan jasa transportasi darat ini akan melepas 33,95% saham dengan target dana Rp195 miliar.

Perseroan juga akan memberikan waran secara cuma-cuma saat IPO. Dana hasil IPO akan digunakan untuk pembelian truk bekas sebanyak 67 unit dan aksesorinya, serta truk baru sebanyak 138 unit, dan modal kerja.

Bertindak sebagai penjamin emisi efek (underwriter) adalah PT UOB Kay Hian Sekuritas. Jika telah mendapat pernyataan praefektif, penawaran awal (bookbuilding) ditargetkan berlangsung November 2019, sedangkan pencatatan saham (listing) di BEI diperkirakan Desember 2019.

Direktur Utama Pura Trans Ariel Wibisono menuturkan prospek jasa transportasi darat berbasis jalan masih sangat menjanjikan, ditopang masifnya pembangunan infrastruktur dan ekspansi pabrik sejumlah perusahaan besar.

Dalam beberapa tahun ke depan, populasi angkutan barang nasional diprediksi tumbuh 50% per tahun.

“Hal ini mendorong Pura Trans masuk pasar modal untuk mendapatkan pendanaan ekspansi,” kata Ariel dalam keterangan resmi, Senin (21/10/2019).

Menurut dia, skema IPO ditempuh untuk memperkuat struktur permodalan, sehingga perseroan bisa menambah armada truk untuk mempertahankan dominasi di bisnis jasa pengurusan transportasi (JPT) darat berbasis truk.

Dia menerangkan, perseroan berniat memperkuat jasa angkutan multimoda dengan menggandeng perusahaan pelayaran. Langkah ini akan memperluas jangkauan pengiriman barang perseroan, dari saat ini Jawa dan Sumatra menjadi ke Kalimantan.

Semua rencana itu, kata dia, membutuhkan modal yang kuat dengan pendanaan murah.

IPO adalah skema pendanaan paling tepat di bisnis JPT. Sebab, jika mengambil pinjaman bank, perseroan akan menghadapi beban bunga. Modal yang kuat akan membuat perseroan sulit ditandingi para kompetitor.

Dia menuturkan, aset perusahaan bertambah akan setelah IPO, seiring dengan penambahan jumlah armada. Selain itu, perseroan bisa menarik investor baru untuk masuk.

IPO saham, kata dia, juga akan meningkatkan nilai perusahaan, kepatuhan terhadap hukum, dan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG). Ke depan, pengelolaan perusahaan juga akan transparan.

Status perusahaan terbuka, kata Ariel, juga meningkatkan citra perusahaan di mata klien. Ini tentunya dibarengi dengan servis dan ketersediaan armada yang memadai.

Ariel menilai, akhir 2019 adalah momentum tepat untuk menggelar IPO saham. Alasannya, pelantikan presiden dan kabinet telah diumumkan pada Oktober. Selepas itu, pasar saham diprediksi melesat.

“Pasar saham kini masih konsolidasi, karena menanti pelantikan dan pengumuman kabinet. Saya kira begitu politik stabil, indeks saham bakal naik,” papar dia.

Saat ini, Pura Trans memiliki total armada sebanyak 155 unit, dengan jangkauan operasi Jawa hingga Sumatra. Truk yang digunakan adalah Hino. Pura Trans melayani dua segmen pengiriman barang, yakni proyek pembangunan dan distribusi komoditas serta barang jadi.

Di segmen proyek pembangunan, Pura Trans mengangkut beberapa material, antara lain asbes, batu bata ringan, dan semen putih.

Adapun komoditas yang diangkut meliputi pupuk, minyak goreng, sedangkan barang jadi seperti keramik dan air minum dalam kemasan (AMDK).

Beberapa klien Pura Trans antara lain PT SMART Tbk, PT Bakrie Building, PT Platinum Ceramics Industry, dan produsen air mineral Pristine, PT Kreasi Mas Indah.

“Semua order yang kami terima adalah penunjukan langsung. Ini karena kami menjanjikan pengiriman yang tepat, cepat, dan andal. Semua armada kami prima dan siap mendistribusikan barang dengan cepat,” ujar Ariel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper