Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rangkaian Pertama Lintas Rel Terpadu Jabodebek Mulai Datang

Progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I sampai dengan 4 Oktober 2019 telah mencapai 66,13 persen.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 14 Oktober 2019  |  10:17 WIB
Proses pengangkatan kereta pertama LRT Jabodebek di pitstop Stasiun Harjamukti, Minggu (13/10/2019). - Bisnis/Rio Sandy Pradana
Proses pengangkatan kereta pertama LRT Jabodebek di pitstop Stasiun Harjamukti, Minggu (13/10/2019). - Bisnis/Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA — PT Adhi Karya Tbk. pada Minggu, 13 Oktober 2019, melakukan prosesi pengangkatan kereta pertama lintas rel terpadu Jabodebek di tempat pemberhentian Stasiun Harjamukti.

Sebanyak satu rangkaian yang terdiri atas enam kereta diangkat ke atas rel menggunakan derek jembatan atau gantry crane.

Sekretaris Perusahaan PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) Parwanto Noegroho mengatakan bahwa pengangkatan kereta pertama ini merupakan tindak lanjut dari pengiriman kereta yang telah dilakukan.

"Pengangkatan ini dilakukan setelah sebelumnya, telah dilakukan pengiriman kereta tersebut dari pabrik PT Inka (Persero) yang terletak di Kota Madiun, Jawa Timur menuju Cibubur," ujarnya, Minggu (13/10/2019).

Rangkaian dikirimkan melalui jalur darat menggunakan enam buah multi-axle dan memakan waktu selama 4 hari. Pengiriman dilakukan melalui jalur Tol Trans Jawa dan bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dengan jarak tempuh sekitar 643 km.

Progres pelaksanaan pembangunan prasarana LRT Jabodebek tahap I sampai dengan 4 Oktober 2019 telah mencapai 66,13 persen. Perincian progres pada setiap lintas pelayanannya sebagai berikut:

  • Lintas Pelayanan 1 – Cawang—Cibubur mencapai 85,70 persen.
  • Lintas Pelayanan 2 - Cawang—Kuningan—Dukuh Atas mencapai 56,10 persen.
  • Lintas Pelayanan 3 - Cawang—Bekasi Timur mencapai 59,50 persen.

Selain itu, pada Rabu, pekan lalu, ADHI telah menerima realisasi pembayaran keempat pekerjaan proyek LRT Jabodebek tahap I senilai Rp1,40 triliun (termasuk pajak) dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) selaku pengelola proyek LRT Jabodebek.

"Pembayaran ini dilakukan berdasarkan progres pekerjaan LRT Jabodebek tahap I dari bulan Oktober 2018 hingga Maret 2019," papar Parwanto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

LRT adhi karya
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top