Medco Ancang-Ancang Akuisisi Blok Migas Pada 2020

Pendiri Medco Energy Arifin Panigoro mengatakan, pihaknya membuka potensi akusisi  dan kemungkinan tersebut sedang dipelajari.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  16:33 WIB
Medco Ancang-Ancang Akuisisi Blok Migas Pada 2020
Medco Energi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Medco Energy sedang mempelajari kemungkinan akuisisi blok minyak dan gas bumi sebagai ekspansi bisnis pada 2020.

Pendiri Medco Energy Arifin Panigoro mengatakan, pihaknya membuka potensi akusisi  dan kemungkinan tersebut sedang dipelajari.

Menurutnya, setiap perusahaan punya kebijakan tersendiri untuk melakukan ekspansi bisnis. "Kan kami baru selesai kemarin kan? [akuisisi Ophir], tapi di luar itu masih banyak. Kita lihat tahun depan lah," tuturnya, seusai mengikuti Sarasehan Migas Nasional ke-2 yang digelar Aspermigas, Kamis (10/10/2019).

Selain akuisisi blok migas, Arifin mengamini bahwa pihaknya juga ingin melepas beberapa aset blok migas. Dia mengatakan alasan komersisl menjadi faktor utama yang melatarbelakangi rencana pelepasan aset.

Sayangnya, Arifin enggan menjelaskan lebih dalam terkait aset migas mana yang dilepas. "Dilepas kalau terjadi transaksi. [aset] ada yang dibeli si itu," tambahnya.

Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan keberhasilan penyelesaian akuisisi Ophir Energy plc terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan dengan nilai 408,4 juta poundsterling.

Aset Ophir diharapkan dapat melengkapi portofolio MedcoEnergi yang ada dan gabungan bisnis ini menjadikan Perseroan sebagai pelaku usaha minyak dan gas regional yang terkemuka di Asia Tenggara.

Akuisisi Ophir meningkatkan proforma produksi Perseroan 2019 sebesar 29% yakni 110 Mboepd, dan gabungan cadangan 2P dan sumber daya 2C naik sebesar 86% menjadi 1.439 MMboe.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arifin panigoro, medco

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top