Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Bidik Gaet Turis Milenial Afrika Selatan

Kedutaan Besar RI di Pretoria berupaya menggaet turis milenial asal Afrika Selatan untuk datang ke Indonesia.
Tour de Singkarak salah satu kegiatan olahraga yang ditujukan untuk menarik wisatawan./Antara-Hafidz Mubarak
Tour de Singkarak salah satu kegiatan olahraga yang ditujukan untuk menarik wisatawan./Antara-Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar RI di Pretoria, Afrika Selatan, berupaya menggaet turis milenial asal Afrika Selatan untuk datang ke Indonesia.

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan Salman Al Farisi mengatakan tantangan dunia pariwisata tidaklah mudah. Menurut dia, tantangan itu bukan hanya pelambatan ekonomi global, melainkan juga perubahan gaya berwisata para traveller yang dinamis.

"Kami memerlukan Anda untuk membantu mengidentifikasi tren, menjangkau pasar, dan memberikan umpan balik," katanya saat berbicara di depan 25 agen travel dan mitra bisnis dalam acara Indonesian Tourism Sales Mission in South Africa di Johannesburg, Afsel, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (8/10/2019).

Kegiatan itu digelar KBRI Pretoria dengan menggandeng Kementerian Pariwisata, ITPC Johannesburg, dan Singapore Airlines.

Salman mengatakan Indonesia memiliki daya dukung untuk melayani pasar milenial, mulai dari infrastruktur digital yang baik hingga berbagai pilihan special-interest tourism.

Menurut dia, walaupun Indonesia secara konsisten menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan asal Afsel, jumlah yang tercatat masih tertinggal dibandingkan dengan pelancong yang memutuskan berwisata ke Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Thailand.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 38.073 orang pelancong dari Afsel pada 2017. Jumlah itu meningkat menjadi 41.962 orang pada 2018.

Hingga paruh pertama tahun ini, tercatat 19.691 warga Afsel telah mengunjungi Indonesia. Dengan peak season yang biasa jatuh pada akhir tahun, jumlah pengunjung tahun ini diperkirakan lebih tinggi.

Salman melihat special-interest tourism yang dimotori oleh generasi milenial kelahiran 1980 dan 1990-an makin berkembang. Generasi ini bersifat konsumtif, akrab dengan sosial media, dan sangat menyadari pentingnya personal branding.

Dia meyakini Indonesia dapat menangkap peluang pasar untuk menjaring generasi tersebut mengingat banyaknya acara olahraga dan festival musik berskala internasional di Tanah Air.

Dubes RI merujuk acara seperti Java Jazz Festival, Djakarta Warehouse Project (DWP), Jazz Gunung Bromo, dan acara olahraga, seperti Jakarta Marathon, Tour de Singkarak, atau Borobudur Marathon. Kegiatan itu dapat dijadikan paket wisata yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper