Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KPR SMF-Grab Indonesia Sasar 100 Mitra Pengemudi, Ini Kriterianya

SMF juga menggandeng dua perusahaan multifinance yaitu Batavia Prosperindo Finance dan Reliance Finance.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 16 September 2019  |  19:36 WIB
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di dekat Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di dekat Stasiun Jakarta Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) bersama Grab Indonesia menargetkan bisa menyalurkan kemudahan kredit pemilikan rumah kepada 100 orang mitra pengemudi Grab sepanjang pameran Expo KPR SMF-Grab.

Dalam menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) kepada mitra pengemudi Grab, SMF juga menggandeng dua perusahaan multifinance yaitu Batavia Prosperindo Finance dan Reliance Finance.

Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo mengatakan bahwa SMF sebagai lembaga secondary mortgage memiliki keterbatasan dalam menyalurkan KPR sehingga memerlukan bantuan dari lembaga lain.

“Dengan kerja sama ini, kami mulai kasih lihat bahwa perusahaan multifinance juga punya kiprah besar untuk mengembangkan KPR,” kata Heliantopo di sela-sela konferensi pers Expo KPR SMF-Grab di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Mekanisme penyaluran KPRnya, kata Heliantopo, akan sama dengan penyaluran lewat bank.

Adapun, dana yang disalurkan untuk tahun ini lewat program kerja sama dengan Grab bisa mencapai Rp100 miliar.

“Yang penting buat kami bukan berapa uang yang dikeluarkan, melainkan di sini berapa yang daftar peminatnya tinggi,” jelas Heliantopo.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menambahkan bahwa dalam Expo KPR SMF-Grab kali ini diharapkan ada minimal 100 orang yang bertransaksi. Adapun, mitra yang diundang ke Expo sudah dipilih dan disaring oleh pihak Grab.

“Kami sudah men-screening, untuk pertama kami bisa screening 100 orang, yang diundang ke sini juga hanya yang qualified. Kami akan tetap monitor,” katanya.

Neneng menyebutkan bahwa kriteria penerima kemudahan KPR di Expo KPR SMF-Grab adalah mitra pengemudi Grab yang sudah bekerja selama lebih dari 2 tahun di Grab dan memiliki penghasilan konsisten sebanyak Rp7,5 juta per bulan agar memiliki kemampuan mencicil.

Adapun, segmen yang ditawarkan adalah untuk rumah harga Rp150 juta—Rp350 jutaan. Kemudian, cicilan juga ditarik Grab secara harian bergantung pada harga rumah yang dipilih dan pasti bisa dicicil karena penghasilannya tidak keburu dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

“Jadi, kalau ditagih harian kan enggak kerasa, seperti kalau ditarik mingguan atau bulanan. Biar orang jadi disiplin juga untuk bayar,” kata Neneng.

Sementara itu, untuk program ini, perusahaan multifinansial Reliance Finance dan menawarkan bunga flat 12,50 persen untuk tenor 15 tahun dan dengan uang muka 1 persen.

“Kami beruntung bisa kerja sama dengan Grab karena manajemennya berkomitmen sangat tinggi. Selain itu, dari Grab juga sudah membantu proses assessment, sehigga penyaluran KPR-nya bisa jadi lebih mudah dan cepat,” kata Direktur PT Usaha Pembiayaan Reliance Indonesia Fajar Satritama.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpr sarana multigriya finansial Grab
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top