Ada Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya, Wapres JK Sebut Persaingan Antar Moda Meningkat

Setelah revitalisasi kereta api, maka jarak Jakarta-Surabaya dapat ditempuh dalam 5 jam.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 13 September 2019  |  11:39 WIB
Ada Kereta Semicepat Jakarta-Surabaya, Wapres JK Sebut Persaingan Antar Moda Meningkat
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA -- Industri transportasi di Indonesia diperkirakan akan mengalami persaingan antar moda dalam 4 tahun mendatang.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menuturkan persaingan antar moda ini akan terlihat jelas setelah revitalisasi kereta api Jakarta-Surabaya rampung. Setelah revitalisasi ini, jarak kedua kota tersebut akan dapat ditempuh dalam 5 jam. Waktu yang sama dibutuhkan ketika harus naik pesawat karena ada waktu tunggu di bandara.

"Akan ada persaingan lagi [setelah revitalisasi transportasi rampung]. Bukan lagi Citilink dengan Lion, tapi pesawat dengan kereta. [Juga persaingan dengan tol karena] Bagus untuk mobil jika penumpang minimal 4 orang. Tapi kalau 1 orang lebih baik kereta api," ucapnya  dalam pembukaan pameran Indo Trans Expo 2019 di Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Untuk itu, antar moda transportasi diingatkan untuk melakukan pembenahan menyeluruh karena masyarakat akan memilih moda yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

"Untuk memenangkan persaingan, maka harus lebih baik, lebih murah, dan melayani lebih cepat," tutur JK.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan konstruksi kereta semicepat Jakarta-Surabaya dimulai pada 2021. Saat ini, pemerintah tengah melakukan kajian kelayakan dengan pendanaan dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA), yang diperkirakan rampung pada pertengahan 2020.

"Konstruksi mulai 2021 setelah hasil feasibility study (studi kelaikan) rampung dan dibawa dan diputuskan oleh pemerintah," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kereta api, transportasi

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top