Pengantin Baru Tetap Bisa Membeli Rumah, Ini Caranya!

Ada enam cara supaya pengantin baru bisa segera membeli rumah sendiri.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 13 September 2019  |  16:48 WIB
Pengantin Baru Tetap Bisa Membeli Rumah, Ini Caranya!
Pembangunan rumah baru di salah satu perumahan di Depok, Jawa Barat, Sabtu (26/7). - Nurul Hidayat/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — Biaya untuk menggelar pesta pernikahan umumnya tidak murah, hal ini kemudian juga menjadi salah satu alasan pengantin baru masih harus tinggal di rumah orang tua atau mertua. Namun, tidak mustahil lo, untuk bisa membeli rumah sendiri.

Menurut situs jual beli properti daring Rumah123.com, ada enam cara supaya pengantin baru bisa segera membeli rumah sendiri.

Pertama, manfaatkan angpau pernikahan. Jika tidak mempunyai utang bersama, uang sumbangan dari tamu yang hadir di pernikahan bisa dijadikan tabungan untuk mencicil uang muka (down payment/DP) rumah.

Kedua, buka rekening investasi khusus untuk DP rumah, dan simpan minimal 20 persen penghasilan bulanan untuk DP rumah. Jadi, setidaknya dari penghasilan berdua setiap bulannya harus dana terkumpul sekitar Rp3 juta.

“Dengan tabungan itu, dalam setahun, bisa terkumpul Rp36 juta, bisa untuk mencicil DP rumah sebesar 10 persen senilai Rp300 juta,” ungkap Country Manager Rumah 123.com Maria Herawati Manik dalam laporan tertulis dikutip Bisnis, Jumat (13/9/2019).

Jika ingin menabung lebih banyak lagi, menabunglah sambil investasi, tak perlu yang besar atau mahal. Calon pembeli rumah bisa menabung dengan risiko kecil seperti emas batangan atau reksadana. Hasil dari investasinya kelak bisa untuk menambah tabungan awal.

Ketiga, cari pekerjaan sampingan. Apabila penghasilan bulanan sendiri dan pasangan dinilai masih kurang, jangan bergantung hanya pada satu sumber penghasilan.

“Saat ini ada banyak sekali peluang untuk mencari pekerjaan sampingan. Misalnya, menjadi penulis lepas, graphic designer yang dibayar per project, fotografer pre-wedding, dan masih banyak lagi. Maksimalkan keahlian yang kita miliki dan manfaatkan peluang tersebut untuk menambah pundi-pundi,” kata Maria.

Keempat, jual barang yang sudah tak terpakai. Daripada barang tak terpakai memenuhi rumah sebaiknya segera jual barang tersebut dan manfaatkan hasilnya untuk menambah dana beli rumah.

Walaupun mungkin hasilnya tidak sebanyak menabung atau investasi, jika barang-barang kecil yang tak terpakai jumlahnya banyak, hasilnya lumayan untuk menambah-nambah tabungan membeli rumah.

Kelima, sebisa mungkin menekan pengeluaran khususnya untuk hiburan. Pengantin baru saat ini, apalagi dari kalangan milenial kerap kali tidak suka menabung dan cenderung menghabiskan penghasilannya untuk hiburan dan liburan.

Untuk itu, pengantin baru harus cerdik mengatur keuangan, bisa mulai dari mengurangi nonton bioskop, makan di restoran, belanja di supermarket, atau liburan.

Terakhir, yang keenam, pengantin baru bisa cari rumah di pinggiran dan terus berburu rumah murah. Tipe rumah saat ini sangat bervariasi, dan makin tinggi tipenya, makin mahal pula harganya. Untuk itu, calon pembeli harus pintar-pintar memilih rumah tipe mana yang sesuai dengan kondisi keuangan.

“Jika kamu benar-benar memulai dari nol dan menginginkan untuk cepat punya rumah, maka rumah di pinggiran kota bisa menjadi pilihan tepat. Misalnya, kamu banyak beraktivitas di daerah Jakarta, maka bisa membeli rumah di daerah Depok atau Tangerang. Harganya tentu lebih murah ketimbang rumah di Jakarta,” lanjut Maria.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pengantin, generasi milenial

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top