Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Pastikan Harga Biodiesel Tak Lebih Mahal dari Solar

Kementerian ESDM memastikan harga jual biodiesel di masyarakat tidak akan lebih mahal dari solar. 
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20/Reuters-Mike Blake
Ilustrasi bahan bakar Biodiesel B20/Reuters-Mike Blake

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian ESDM memastikan harga jual biodiesel di masyarakat tidak akan lebih mahal dari solar. 

Adapun dengan penerapan biodiesel 30 persen (B30) pada 2020, serapan penggunaan bahan bakar nabati akan semakin meningkat. Kebutuhan unsur nabati atau fatty acid methyl ester (FAME) untuk B30 diperkirakan mencapai 9,6 juta kiloliter (KL), sedangkan campuran solar akan terus ditekan menjadi 30 juta KL. 

Pemerintah pun telah menyiapkan insentif untuk memastikan tidak ada kenaikan harga jual biodiesel di masyarakat. Contohnya pada 2018, pemerintah menyalurkan insentif melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) senilai Rp5 triliun. 

Saat harga minyak mentah kelapa sawit (crude palm oil/CPO lebih tinggi dari solar, insentif akan disalurkan untuk menutupi kelebihan harga jual biodiesel dibanding solar. 

Selain itu, saat harga solar tinggi dan CPO rendah, harga jual biodiesel akan mengikuti harga CPO. Begitu pula sebaliknya, saat harga solar rendah dan CPO tinggi, harga biodiesel akan mengikuti harga solar.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pemerintah mengupayakan agar setidaknya harga biodiesel sama dengan solar. Bahkan, diupayakan agar harga biodiesel selalu lebih murah dari solar. 

"Ini kan harga tidak ada yang tahu mau turun mau naik, tetapi tidak akan pernah lebih mahal dari solar," katanya, Kamis (5/9/2019). 

Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Andrian Feby Misna mengatakan hingga saat ini, harga biodiesel memang masih lebih mahal dibanding solar sehingga insentif masih diterapkan. Sebelumnya, pemerintah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 untuk menutupi perbedaan harga tersebut. 

Sejak 2016, pemerintah menutupi selisih harga ini dengan dana dari BPDP-KS. 

"Perkembangannya, dengan insentif ini, memang laju pemanfaatan biodiesel meningkat. 2018 kemarin insentifnya hanya sektor PSO [publik service obligation]. Per September, juga diberikan ke non-PSO, jadi semua sektor dapat insentif," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper