Demi SDM Unggul, Pegawai Pelindo III Dikirim Belajar ke Malaysia

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Doso Agung mengatakan kerja sama dijalin dengan Johor Port Skill Center.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  08:03 WIB
Demi SDM Unggul, Pegawai Pelindo III Dikirim Belajar ke Malaysia
Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Doso Agung. - Istimewa

Bissnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan pegawai operasional dengan Pelabuhan Johor yang selama ini menjadi gerbang logistik di selatan Malaysia.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) Doso Agung mengatakan kerja sama dijalin dengan Johor Port Skill Center. Seperti diketahui, Pelabuhan Johor merupakan pelabuhan terintegrasi untuk berbagai komoditas (integrated multipurpose), seperti peti kemas, curah cair, dan kering. 

“Pelindo III merespons cepat arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan SDM yang unggul dan menjadi pemain bisnis di level global. Salah satunya dengan menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan dengan salah satu pengelola pelabuhan besar di Asia Tenggara itu,” jelasnya dalam siaran pers, Minggu (18/8/2019).

Menurutnya, para port manager dan port supervisor di terminal-terminal yang dikelola Pelindo III akan diseleksi untuk mengikuti program pelatihan. Dia menyebutkan akan ada 11 batch, yakni 7 batch untuk port supervisor dan 4 batch untuk port manager. Durasi setiap batch akan ditempuh selama 1 bulan untuk class training (pendidikan) dan on job training (magang) di Pelabuhan Johor. 

"Setiap batch terdiri atas 12 pegawai yang dipilih dengan seleksi yang didasarkan pada hasil assesment, kinerja, dan catatan disiplin," papar Doso.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto menambahkan, para pegawai yang dikirim ke Malaysia akan mengawali pelatihan dengan port visit atau kunjungan ke Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Tanjung Pelepas. Adapun beberapa keterampilan yang akan intensif dieksplorasi mencakup kemampuan pengawasan operasional pelabuhan, baik untuk operasional general cargo maupun peti kemas. 

Selain itu, para peserta pelatihan akan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek legal pada operasi pelabuhan dalam perspektif bisnis internasional dan mengenal pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya. 

"Hal ini penting untuk menyiapkan SDM unggul Pelindo III yang berwawasan global sehingga bisa mendorong ekspansi bisnis Pelindo III pada masa depan,” kata Toto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pelindo iii, malaysia

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top