Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Kapal Online, Kemenhub Bangun Aplikasi Simkapel

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Sudiono menuturkan Simkapel diperlukan agar penyelenggaraan pelayanan transportasi laut andal dan berdaya saing.
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan membangun aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perkapalan dan Kepelautan (Simkapel) untuk mengintegrasikan pelayanan sertifikasi kapal dan pelaut secara online

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Sudiono menuturkan Simkapel diperlukan agar penyelenggaraan pelayanan transportasi laut andal dan berdaya saing dengan menggunakan teknologi sistem informasi di lingkungan industri pelayaran nasional.

“Aplikasi ini dapat menyajikan data dan informasi mengenai sertifikasi kapal dan pelaut secara akurat dan tepat waktu, yang dapat ditelusuri oleh para stakeholder kapan pun dan di manapun. Dengan demikian, aspek efektivitas dan transparansi pelayanan dapat tercapai dengan baik,” jelasnya dalam siaran pers, Selasa 913/8/2019).

 Menurutnya, transportasi laut merupakan salah satu sasaran pembangunan sektor transportasi yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah Periode 2015-2019.

Dia beranggapan pengelolaan transportasi yang baik dan sesuai dengan kemajuan peradaban akan membentuk pelayanan yang sinergis dan komprehensif dalam menangani permasalahan transportasi.

Pemerintah, katanya, dituntut memanfaatkan teknologi secara ekstensif di bidang pelayaran untuk meningkatkan kinerja pelayanan, keselamatan dan keamanan, serta perlindungan lingkungan maritim.

Oleh karena itu, dia berharap aplikasi itu dapat menjadi solusi untuk mempercepat pelayanan di Industri pelayaran.

Selain itu, dia juga berharap penggunaan aplikasi ini dapat mengembangkan industri pelayaran nasional menjadi armada yang tangguh dan mampu bersaing secara Internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper