Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Pemicu Utama Orang Indonesia Makin Hobi Berwisata ke Luar Negeri

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana Jones mengatakan tingginya wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri (outbound) dipicu oleh tingginya harga tiket pesawat rute domestik dibandingkan dengan internasional. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  14:42 WIB
Calon penumpang menunggu jadwal penerbangan saat terjadi kebakaran di kawasan Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (19/4/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf
Calon penumpang menunggu jadwal penerbangan saat terjadi kebakaran di kawasan Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (19/4/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA — Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Rudiana Jones mengatakan tingginya wisatawan nusantara yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri (outbound) dipicu oleh tingginya harga tiket pesawat rute domestik dibandingkan dengan internasional. 

Berdasarkan data Bank Indonesia, jumlah wisatawan Indonesia yang outbound mencapai 5,2 juta wisatawan atau tumbuh 10% pada semester I tahun ini dibandingkan dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai 4,73 juta wisatawan. 

"Harga tiket yang mahal menjadi salah satu penyebab banyak yang outbound sehingga berdampak pada neraca jasa travel atau perjalanan," jelasnya kepada Bisnis.com, Selasa (13/8/2019). 

Selain itu, lanjutnya, harga tiket yang mahal juga menyebabkan sedikitnya wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia (inbound). 

"Kondisi ekonomi global juga menyebabkan sedikitnya wisatawan yang inbound ke Indonesia, sehingga spending wisman di Indonesia juga sedikit. Wisatawan kita [wisnus] lebih banyak juga yang ke luar negeri," kata Rudiana. 

Sekretaris Jenderal Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Titus Indrajaya berpendapat outbound memang menjasi bisnis potensial saat ini untuk mendongkrak bisnis agen perjalanan wisata  pada saat harga tiket domestik mahal. 

"Penawaran paket tour outbound juga beraneka ragam dengan harga yang menarik konsumen Indonesia. Ini sebabnya membuat banyaknya wisatawan nusantara melakukan outbound," tuturnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top