Persepsi Konsumen Melemah, Ini Dia Penyebabnya

Meski optimisme konsumen terjaga positif, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah dari bulan sebelumnya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  14:44 WIB
Persepsi Konsumen Melemah, Ini Dia Penyebabnya
Pramuniaga melayani konsumen di salah satu mini market di kawasan Jakarta Timur, Jumat (1/3/2019). - ANTARA/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA -- Meski optimisme konsumen terjaga positif, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini melemah dari bulan sebelumnya.

Dilansir dari Survei Konsumen Bank Indonesia, pada Juli 2019, secara umum Indeks Keyakinan Konsumen pada Juli 2019 masih berada pada level 124,8 poin sama dengan Juli 2018. Indeks ini relatif stabil dari bulan sebelumnya sebesar 126,4 poin.

Pasalnya, kenaikan ini ditopang oleh membaiknya ekspektasi konsumen pada ekonomi ke depan. Hal ini tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) sebesar 0,3 poin menjadi 138,4.

Padahal, pada Juli 2019 Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) turun jadi 111,2 poin lebih rendah dari 114,7 poin bulan sebelumnya.

Bank Indonesia menilai penurunan IKE ini disebabkan oleh menurunnya seluruh komponen pembentuk. Utamanya keyakinan konsumen pada ketersediaan lapangan pekerjaan.

Selain itu juga menurunnya keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini dibandingkan dengan kondisi 6 bulan yang lalu.

Secara spasial, kota dengan pelemahan IKE terdalam berada di Palembang yakni -18,1 poin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
indeks kepercayaan konsumen

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top