Pemkot Batam Mengklaim Jalan di Daerahnya Berstandar Internasional

Di Batam, semua kendaraan bisa melintas di jalan-jalan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  11:13 WIB
Pemkot Batam Mengklaim Jalan di Daerahnya Berstandar Internasional
Pemandangan di satu sudut Kota Batam. - Dok. Kementerian Pariwisata

Bisnis.com, BATAM — Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengklaim kualitas jalan-jalan yang baru dibangun pemerintah berstandar internasional, tidak mudah rusak dan berlubang.

"Jalannya berstandar internasional, untuk semua level kendaraan," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi dikutip Antara, Rabu (31/7/2019).

Menurut Rudi, Batam merupakan kota industri sehingga banyak kendaraan berat yang lalu Lalang. Oleh karena itu, kualitas jalannya harus mumpuni.

Tidak seperti daerah lain di Indonesia, ujarnya, ada pembatasan jenis kendaraan tertentu di tiap jalan. Di Batam, semua kendaraan bisa melintas di jalan-jalan. "Mau berapa ton boleh lewat."

Rudi optimistis jalan yang baru dibangun dapat bertahan hingga 50 tahun, tidak mudah berlubang karena dibangun dengan perencanaan yang matang.

Jalan dibangun dengan semen beton, dengan ketebalan yang relatif lebar sehingga tidak mudah rusak.

Wali Kota tidak ingin pemerintah hanya sibuk memperbaiki jalan rusak setiap tahun. Baru 2 bulan dibangun, jalan langsung berlubang sehingga membahayakan pengendara kendaraan.

"Standar jalan yang dibangun umurnya 50 tahun jadi tidak bolak-balik perbaiki jalan. Jalan yang baru pakai semen tebal. Apa pun yang lewat sana tidak masalah," kata Rudi.

Pemkot Batam juga berkomitmen kota itu bebas dari jalan rusak pada 2025, seiring dengan selesainya rencana pembenahan jalan di penjuru kota.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
batam, perbaikan jalan

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top