Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOTA PINTAR : Pengembang BSD Mengedepankan 3 Aspek Ini

Secara lingkungan, perusahaan menginginkan lingkungan di BSD City tetap hijau dan kegiatan apa pun tidak mengorbankan lingkungan.

Bisnis.com, JAKARTA — Kawasan Bumi Serpong Damai di Tangerang merupakan salah satu kota yang dikembangkan dengan konsep kota pintar atau smart city. Dalam pengembangannya, tak hanya teknologi, tetapi juga mengedepankan tiga hal ini.

CEO Technology Business Sinar Mas Land Irvan Yasni mengatakan bahwa BSD City dikembangkan melalui tiga aspek, yaitu secara lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Secara lingkungan, Irvan menyebutkan bahwa perusahaan menginginkan lingkungan di BSD City tetap hijau dan kegiatan apa pun tidak mengorbankan lingkungan.

“Kami sudah melakukan beberapa kali edukasi di beberapa perkantoran BSD untuk mulai hemat energi, melakukan green habit, mulai dari buang sampah, meminimalisasi penggunaan plastik, dan lainnya. Itu penggunaan smart city yang enggak melulu soal teknologi,” katanya kepada Bisnis, Senin (22/7/2019).

Kemudian, secara social, Sinar Mas Land mengarah kepada bagaimana orang yang tinggal di BSD itu lebih merasa aman, nyaman, dan lebih senang. Komponen yang pertama ada di lalu lintas, pengembang sudah memasang sistem smart traffic di beberapa tempat.

Ke depan, Sinar Mas Land juga berencana memasang sejumlah sensor, tak hanya untuk memantau lalu lintas, tetapi juga untuk memantau kualitas lingkungan.

Selanjutnya, untuk aspek ekonomi, adalah untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Kami sangat kencang mengampanyekan smart nation khususnya untuk pengembangn SDM. Makanya di BSD bekerja sama dengan sekolah baik pendidikan formal maupun informal jadi kami bikin beberapa training sekolahan khusus kurikulum yang lebih mempersiapkan SDM yang ada di BSD untuk bisa menghadapi dan berkontribusi dalam industri 4.0 dan smartnation 5.0,” kata Irvan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper