Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lion Air Terima Pesawat A330-900 Pertamanya

Pesawat tersebut disewa dari BOC Aviation dan menjadikan Lion Air sebagai maskapai pertama di Asia Pasifik yang menerbangkan A330neo.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 20 Juli 2019  |  12:57 WIB
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone
Aktivitas penerbangan pesawat udara di Sultan Hasanuddin International Airport Makassar (SHIAM), Sulawesi Selatan, Senin (18/2/2019). - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA -- Maskapai penerbangan nasional Lion Air telah menerima pesawat jenis A330-900 pertamanya, yang disewa dari BOC Aviation.

Lion Air pun menjadi maskapai pertama dari Asia Pasifik yang menerbangkan A330neo. Pesawat tersebut merupakan unit pertama dari 10 unit A330neo yang akan bergabung dengan armada Lion Air.

Dalam keterangan resmi yang dirilis Airbus pada Sabtu (20/7/2019), Lion Air akan menggunakan A330neo, generasi terbaru keluarga A330 Airbus, untuk melayani penerbangan jarak jauh nonstop dari Indonesia. Di antaranya, penerbangan haji dari kota-kota seperti Makassar, Balikpapan, dan Surabaya, ke Jeddah dan Madinah di Arab Saudi.

Waktu tempuh untuk rute tersebut bisa mencapai 12 jam. A330-900 milik Lion Air dapat menerbangkan 436 penumpang dalam konfigurasi satu kelas.

A330neo adalah pesawat generasi terbaru yang melanjutkan kesuksesan pesawat lorong ganda A330 serta mengadopsi teknologi A350 XWB. Pesawat ini digerakkan oleh mesin Rolls-Royce Trent 7000 terbaru.

Pesawat A330neo disebutkan memiliki tingkat efisiensi tinggi yang mampu memangkas penggunaan bahan bakar per kursi hingga 25 persen lebih rendah dari kompetitor generasi sebelumnya.

Pesawat ini juga dilengkapi kabin Airspace, menawarkan standar baru kenyamanan penumpang dengan ruang pribadi yang lebih luas bagi setiap penumpang, serta sistem hiburan dan konektivitas in-flight generasi terbaru.

Sebagai informasi, Airbus merupakan perusahaan global di bidang aeronautika, kedirgantaraan, dan layanan terkait yang bermarkas di Prancis.

Tahun lalu, Airbus membukukan pendapatan senilai 64 miliar euro dan mempekerjakan sekitar 134.000 karyawan. Airbus juga dikenal sebagai perusahaan di Eropa yang menawarkan pesawat tanker, tempur, transportasi, dan pesawat untuk misi lainnya.

Airbus juga merupakan salah satu perusahaan antariksa dan di sektor helikopter, perusahaan ini menyediakan solusi sipil dan militer yang diklaim paling efisien di seluruh dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lion air airbus
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top