Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puluhan Hektare Eks Ladang Ganja Akan Ditanami Jagung

Pemerintah Aceh melakukan penggantian atau penanaman kembali lahan seluas 90 hektare yang sebelumnya dipakai sebagai ladang ganja dengan tanaman jagung.
Penemuan ladang ganja di Aceh Besar, Provinsi Aceh./Antara-Ampelsa
Penemuan ladang ganja di Aceh Besar, Provinsi Aceh./Antara-Ampelsa

Bisnis.com, BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh melakukan penggantian atau penanaman kembali lahan seluas 90 hektare yang sebelumnya dipakai sebagai ladang ganja dengan tanaman jagung.

"Seluas 90 hektare [ha] ladang ganja di Aceh akan digantikan dengan tanaman jagung," kata Kepada Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh Hanan, Selasa (16/7/2019).

Dia menyatakan pemerintah Aceh mendukung secara penuh upaya pemberantasan narkoba jenis ganja di provinsi paling barat Indonesia itu dengan telah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk pengadaan bibit jagung.

Sebanyak tiga kabupaten di Provinsi Aceh masuk ‘garis merah’ peredaran narkoba, yaitu Kabupaten Aceh Besar, Bireuen, dan Gayo Lues.

"Ladang ganja di masing-masing kabupaten itu akan ditanami jagung seluas 30 ha dan kami berharap pemerintah daerah serta aparatur desa mendukung program tersebut," tuturnya.

Dia mengaku optimistis program penanaman kembali ladang ganja menjadi tanaman pertanian alternatif dan produktif tersebut mampu menekan serta mencegah peredaran narkoba jenis ganja di provinsi itu.

Dia juga mengharapkan peran serta tokoh masyarakat untuk terus melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba, terutama kepada kalangan remaja.

Selain itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) juga akan ikut  melakukan peremajaan atau penanaman ulang belasan ha ladang ganja menjadi lahan produktif di Provinsi Aceh.

"BNN bersama Bappenas ada program pengembangan alternatif, yaitu me-replanting belasan ha ladang ganja menjadi tanaman pertanian alternatif di Aceh," kata Kepala Badan Narkotika Nasional Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko.

Di bekas ladang ganja tersebut, kata dia, akan ditanami tanaman produktif seperti kopi, jagung, dan kedelai. BNN juga telah menandatangani nota kerja sama dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. untuk menampung atau membeli hasil panen petani tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lucky Leonard
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper