Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkeu Imbau Masyarakat Hati-Hati Ikut Lelang

Kementerian Keuangan mengimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam mengikuti lelang yang diselenggaran oleh pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Keuangan mengimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam mengikuti lelang yang diselenggaran oleh pemerintah.

Pasalnya, Penyidik dan Penyidik Pembantu Direktorat Cyber Mabes Polri telah menangkap enam pelaku penipuan lelang fiktif yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan dan/atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) yang merupakan kantor vertikal DJKN.

Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, menegaskan bahwa DJKN atau KPKNL selalu mengumumkan pelaksanaan lelang melalui situs web resmi lelang.go.id.

“Tidak ada permintaan uang muka untuk dapat ditunjuk sebagai pemenang lelang serta tidak ada satupun pejabat atau pegawai DJKN dapat menjanjikan kemenangan,” katanya melalui rilis resmi, Senin (8/7/2019)

Selain itu, jelasnya, Kementerian Keuangan menginformasikan kepada masyarakat bahwa tidak ada proses lelang yang dilakukan melalui telepon, media sosial maupun pesan singkat atau aplikasi chat yang dilakukan DJKN/KPKNL.

Adapun ciri-ciri pelaku penipuan lelang sebagai berikut:

  1.   Aktif menghubungi nomor pribadi korban melalui panggilan telepon atau aplikasi chat.
  2.  Mengaku dari KPKNL atau instansi lain.
  3.  Menawarkan harga murah yang tidak wajar.
  4.  Harga yang ditawarkan pelaku bukan berasal dari harga yang terbentuk dalam normalnya proses lelang, dalam hal ini kasus lelang fiktif, di mana proses lelang tidak pernah terjadi.
  5.  Meminta uang muka/uang jaminan penawaran lelang yang ditransfer ke rekening atas nama pribadi pelaku.
  6.  Menjanjikan menang lelang.
  7.  Mendesak/menakut-nakuti korban dengan ancaman tidak jadi menang lelang jika tidak segera transfer uang muka/uang jaminan penawaran lelang.
  8.  Menggunakan akun media social palsu meniru akun resmi KPKNL atau DJKN untuk menawarkan barang menggunakan foto barang dengan harga murah (tidak wajar).

 “Ketentuan pelaksanaan lelang dengan penawaran secara tertulis tanpa kehadiran peserta lelang melalui internet dapat dilihat di https://lelang.go.id/page/syarat-dan-ketentuan.”

DJKN selalu mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap upaya penipuan yang mengatasnamakan pejabat, pegawai, atau kantor vertikal DJKN dan/atau KPKNL. Apabila terdapat hal yang janggal, segera hubungi call center DJKN 1500991 atau kunjungi KPKNL terdekat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Achmad Aris
Editor : Achmad Aris

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper