Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Buka Rute Frankfurt dan Jeddah, Citilink Jangan Sampai Ganggu Pasar Garuda

Contoh maskapai LCC yang mengoperasikan pesawat berlorong ganda (twin aisle) adalah Scoot, Jet Star, AirAsia X, hingga Virgin Australia.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 30 Juni 2019  |  21:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Langkah Citilink Indonesia yang akan melakukan ekspansi rute internasional ke Jeddah dan Frankfurt dinilai perlu dilakukan pembedaan dengan induk usahanya Garuda Indonesia.

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan langkah Citilink cukup berani dan patut diapresiasi. Maskapai nasional memang perlu banyak mengembangkan jangkauannya ke rute internasional yang strategis.

"Harus ada pembedaan yang jelas antara Garuda dengan Citilink agar tidak terjadi kanibalisasi pasar," kata Alvin, Minggu (30/6/2019).

Dia menambahkan bahwa Citilink sebagai maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC) memang perlu menambah variasi pesawat yang dioperasikan guna menunjang upaya ekspansi.

Contoh maskapai LCC yang mengoperasikan pesawat berlorong ganda (twin aisle) adalah Scoot, Jet Star, AirAsia X, hingga Virgin Australia.

Berdasarkan data kinerja Garuda Group, Citilink memiliki 44 unit Airbus A320-200, 8 unit Airbus A320-200NEO, 5 unit Boeing 737-300, dan 3 unit Boeing 737-500. Dalam tahun ini, maskapai juga akan mengoperasikan sejumlah pesawat ATR milik Garuda Indonesia.

Citilink menargetkan untuk meningkatkan jumlah pesawat, yang terdiri dari pesawat Airbus A320, ATR 72-600 dan beberapa pesawat berbadan lebar, untuk dioperasikan menjadi 70 unit pada 2019.

Pesawat ATR tersebut akan digunakan untuk menerbangi rute-rute jarak dekat atau dengan waktu penerbangan di bawah 2 jam.

Sepanjang 2018, Citilink telah menerbangkan 15 juta penumpang atau naik 22% dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebanyak 12,3 juta penumpang. Adapun, target tahun ini diharapkan mampu mencapai 18 juta penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citilink
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top