Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Properti Kalangan Ekspatriat di Cikarang Bisa Tetap Tumbuh

Prospek properti untuk kelompok ekspatriat di Cikarang diprediksi bisa tetap bertumbuh meski melandai tahun ini.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 28 Juni 2019  |  10:23 WIB
Ilustrasi - Produk properti high rise seperti apartemen diminati kalangan ekspatriat. - Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi - Produk properti high rise seperti apartemen diminati kalangan ekspatriat. - Ilustrasi/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Prospek properti untuk kelompok ekspatriat di Cikarang diprediksi bisa tetap bertumbuh meski melandai tahun ini.

Direktur dan Kepala Riset Savills Anton Sitorus mengatakan bahwa pertumbuhan penjualan dan sewa properti di Jabodetabek, salah satunya di Cikarang akan bertumbuh 4%--5% per tahun dalam 4 tahun mendatang.

"Di sana kebanyakan memang akan dihuni ekspatriat, dan kebanyakan dari Jepang. Ini bakal terus naik karena melihat segi ekonomi Indonesia masih tumbuh dan sangat menarik bagi mereka [pengembang Jepang] untuk investasi di sini," ungkapnya baru-baru ini.

Untuk properti yang cocok dibangun di wilayah tersebut, kata Anton adalah properti high rise atau apartemen. Pasalnya, konsumen ekspatriat umunya tidak tinggal lama sehingga hanya akan menyewa apartemen.

Menurutnya, ekspatriat kebanyakan juga akan membawa serta keluarga, sehingga tidak mungkin menyewa ruang yang lebih sempit seperti indekos.

Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto mengatakan hal senada bahwa hunian high rise lebih tepat untuk dihuni ekspatriat lantaran lebih banyak fasilitas yang ditawarkan.

"Apartemen umumnya sudah lengkap fasilitasnya, pengurusan sewa juga lebih mudah. Di Cikarang sendiri sekarang fasilitasnya sudah banyak memadai, sekolah, pusat belanja, rumah sakit ada," kata Ferry.

Hanya saja, akses seperti tol dari Jakarta dan LRT yang belum rampung membuat minat tinggal di Cikarang dan Karawang terbatas. Namun, lanjut Ferry, ke depan jika seluruh moda transportasi sudah rampung, minatnya akan melejit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti cikarang ekspatriat
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top