Ekspor Ayam Brasil ke Indonesia Terganjal Sertifikat Halal, Brasil Lapor ke WTO

Kementerian Pertanian Brazil telah meminta World Trade Organizations (WTO) Secara formal Untuk menginvestigasi kebijakan impor ayam Indonesia dari Brazil.
Andi M. Arief
Andi M. Arief - Bisnis.com 15 Juni 2019  |  17:27 WIB
Ekspor Ayam Brasil ke Indonesia Terganjal Sertifikat Halal, Brasil Lapor ke WTO
Pedagang menata daging ayam di lapaknya di Pasar Kosambi Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/1). - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian Brasil telah meminta World Trade Organizations (WTO) Secara formal Untuk menginvestigasi kebijakan impor ayam Indonesia dari Brazil. 

Seperti dilansir Channel News Asia, Brasil telah memenangkan kasus serupa terhadap Indonesia pada 2017. Namun demikian, Brazil menilai pemerintahan Indonesia belum menerapkan hasil keputusan persidangan WTO tersebut. 
 
Dengan kata lain, Indonesia masih menghadang impor ayam dari perusahaan Brasil. Adapun, argumen yang dikeluarkan pemerintah Indonesia adalah ayam dari Brazil tidak memiliki sertifikat halal.
 
Menteri Pertanian Brasil Tereza Cristina mengatakan dalam pernyataan tertulis tim inspeksi dari Indonesia telah mengunjungi pabrik pemprosesan ayam di Brazil tahun lalu. Akan tetapi, imbuhnya, tim tersebut belum menerbitkan hasil inspeksi tersebut.
 
"WTO menyatakan sebuah negara tidak bisa menunda penerbitan dokumen perizinan kebersihan sampai waktu yang tidak ditentukan," ujarnya, seperti dilaporkan Channel News Asia, Sabtu (15/6/2019).
 
Tereza menambahkan pemerintah Indonesia tidak pernah menunjukkan alasan penundaan tersebut. Maka dari itu, ujarnya, sebagai eksportir ayam terbesar dunia, pihaknya berharap panel WTO dapat mengevaluasi hal tersebut pada pertemuan 24 Juni. 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
brasil, ayam

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup