Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta : Viral China Airlines Diam-Diam Terbangi Rute Domestik Indonesia, Ini Kenyataan Sebenarnya

Baru-baru ini sebuah tangkapan layar yang beredar di jejaring whatsapp menunjukkan laman China Airlines yang sudah menjual tiket penerbangan Jakarta-Makassar. Hal itu memancing pertanyaan, benarkah maskapai asing sudah masuk ke pasar domestik secara diam-diam?
Maskapai China/china-airlines.com
Maskapai China/china-airlines.com

Bisnis.com, JAKARTA--Baru-baru ini sebuah tangkapan layar yang beredar di jejaring whatsapp menunjukkan laman China Airlines yang sudah menjual tiket penerbangan Jakarta-Makassar. Hal itu memancing pertanyaan, benarkah maskapai asing sudah masuk ke pasar domestik secara diam-diam?

Jika dilihat sekilas, berdasarkan situs resmi China Airlines di https://book.china-airlines.com/, memang terlihat penawaran tiket penerbangan untuk rute domestik. Namun, jika dicermati lagi terdapat tulisan kecil yang memuat keterangan bahwa rute tersebut dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Jadi bisa dikatakan bahwa rute tersebut tidak sepenuhnya dioperasikan maskapai asing. Ada bentuk kerja sama yang dilakukan dengan maskapai nasional.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan dalam dunia penerbangan, hal tersebut dinamakan codeshare. Artinya, suatu bentuk kerja sama yang dilakukan dua maskapai untuk berbagi rute penerbangan internasional yang sama.

Cek Fakta : Viral China Airlines Diam-Diam Terbangi Rute Domestik Indonesia, Ini Kenyataan Sebenarnya

Tangkapan layat rute Jakarta - Makassar yang dihebohkan di media sosial sebagai layanan maskapai China di Indonesia

"Dalam kasus itu, rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Jadi, Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh kami," kata Ikhsan, Kamis (13/6/2019).

Penumpang Taipei yang akan menuju Makassar membeli tiket melalui China Airlines. Tiket juga diterbitkan oleh maskapai yang sama.

Pesawat dari Taipei ke Jakarta dioperasikan oleh China Airlines. Adapun, pesawat selanjutnya dari Jakarta menuju Makassar akan dioperasikan oleh Garuda.

"Nanti, harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Makassar akan kami tagihkan ke China Airlines, sesuai standar harga kami," ujarnya.

Ikhsan menjelaskan kerja sama codeshare memang diperlukan maskapai untuk memenuhi kebutuhan penumpangnya menjangkau destinasi tertentu yang tidak bisa dilayani. Ketidakmampuan maskapai menerbangi rute tersebut bisa disebabkan restriksi yang dilakukan pemerintah setempat.

Jadi bisa dibilang, China Airlines sama sekali belum menjual tiketnya untuk rute domestik di Indonesia. Garuda juga melakukan hal yang sama untuk menjangkau rute negara lain dengan maskapai setempat salah satunya Japan Airlines.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper