PLN NTT Siapkan Kabel Laut Salurkan Listrik ke Pulau Kecil

Kelistrikan pada beberapa pulau akan menggunakan kabel laut seperti Pulau Bajo berjarak sekitar 300 hingga 400 meter dari Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan Pulau Seraya kecil di daerah itu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Juni 2019  |  12:19 WIB

Bisnis.com, KUPANG--PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mempersiapkan penggunaan kabel laut untuk menyalurkan listrik ke pulau-pulau kecil di provinsi berbasiskan kepulauan itu.

"Kami mulai mempersiapkan diri untuk menggunakan kabel laut atau submarine cable untuk melayani kebutuhan listrik di pulau-pulau kecil yang berdekatan," kata General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi NTT, Ignatius Rendroyoko di Kupang, Kamis (13/6/2019).

Dia menambahkan, kondisi geografis provinsi setempat yang terdiri dari ribuan pulau menjadi suatu tantangan dalam pelayanan kelistrikan.

Untuk itu, lanjutnya, pulau-pulau kecil yang letaknya berdekatan dengan tiga pulau besar yakni Pulau Timor, Pulau Flores, dan Pulau Sumba dipertimbangkan untuk menggunakan teknologi kabel bawah laut.

"Penggunaan kabel bawah laut ini juga lebih mendukung kehandalan suplai listrik dan lebih efisien," ujarnya.

Dia menyebutkan kelistrikan pada beberapa pulau akan menggunakan kabel laut seperti Pulau Bajo berjarak sekitar 300 hingga 400 meter dari Labuan Bajo ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan Pulau Seraya kecil di daerah itu.

Selain itu, Pulau Semau di Kabupaten Kupang yang berjarak sekitar 3 hingga 4 kilometer dari Kota Kupang, di sekitar Pulau Rote yang berjarak sekitar 12 kilometer.

Rendroyoko mengatakan untuk persiapan penggunaan teknologi tersebut pihaknya telah memberikan pelatihan kabel tanah dan kabel laut kepada para pegawainya di Kupang, sesuai arahan dari Direktur Regional PLN Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara (JBTBN).

"Kami diminta untuk mempelajari dan merencanakan pembangunan interkoneksi kelistrikan antar pulau dengan menggunakan jaringan transmisi udara dan kabel laut untuk menyediakan pasokan listrik dan memperkuat sistem," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, listrik, kabel laut

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top