Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan : Ramadhan 2019, Petani Untung Konsumen Tenang

Berdasarkan hasil perhitungan Prognosa Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan Pokok Strategis Selama Bulan Puasa dan Idulfitri 2019, yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, ketersediaan bahan pangan cukup dan aman, sehingga konsumen dapat tenang.
Pekerja mengangkut stok beras Bulog untuk didistribusikan ke pasar-pasar di Gudang Sub-Divre Bulog Serang, di Serang, Banten, Jumat (10/5/2019)./ANTARA-Asep Fathulrahman
Pekerja mengangkut stok beras Bulog untuk didistribusikan ke pasar-pasar di Gudang Sub-Divre Bulog Serang, di Serang, Banten, Jumat (10/5/2019)./ANTARA-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA - Berdasarkan hasil perhitungan Prognosa Ketersediaan dan Kebutuhan Pangan Pokok Strategis Selama Bulan Puasa dan Idulfitri 2019, yang dilakukan Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian, ketersediaan bahan pangan cukup dan aman, sehingga konsumen dapat tenang.

"Pemerintah pada 3--5 bulan sebelum Lebaran telah merencanakan peningkatan produksi, yakni dengan menambah luas lahan tanam berbagai komoditas pangan," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (4/6/2019).

Beberapa komoditas pangan mengalami neraca surplus. Stok beras saat ini di Bulog sekitar 2 ,2 juta ton, dan panen masih berlangsung. Pemantauan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang Jakarta pada 28 Mei 2019 mencapai 50.752 ton, jauh di atas stok normal 25.000-30.000 ton.

Perkiraan neraca kumulatif dari Januari sampai Juni 2019, bawang merah surplus 84.000 ton, daging ayam surplus 168.000 ton, cabai rawit surplus 94.000 ton, cabai besar surplus 158.000 ton, telur ayam surplus 17.000 ton, gula pasir surplus 388.000 ton, dan minyak goreng surplus 13,5 juta ton.

Perkembangan harga tingkat eceran di wilayah DKI Jakarta sampai dengan awal Juni 2019, untuk komoditas beras, telur ayam ras, daging sapi, gula pasir dan minyak goreng stabil dan normal.

Bawang putih, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit mengalami penurunan cukup signifikan dibandingkan minggu pertama-kedua Mei.

Kementan tercatat telah melaksanakan Operasi Pasar di 100 titik di berbagai wilayah dan Gelar Pangan Murah (GPM) yang bersinergi dengan Pemda DKI, PD Pasar Jaya, asosiasi/suppplier dan importir, terutama di pasar eceran, dan lingkungan pemukiman.

Sampai dengan akhir Mei 2019, kegiatan GPM tersebar di 31 provinsi dengan melibatkan 1.899 Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan 4.381 Toko Tani Indonesia (TTI) ini telah diterima dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat, terutama kalangan menengah ke bawah, karena komoditas yang dijual ke konsumen terjangkau dan berkualitas.

Untuk beras misalnya, dijual kisaran Rp8.500-Rp8.800 per kilogram di seluruh Indonesia. Bahkan TTI Center (TTIC) yang berada di ibukota provinsi selain menjual beras juga menjual cabai, bawang merah, bawang putih, daging sapi, daging ayam, telur ayam, gula, dan minyak goreng di bawah harga pasar.

Ditambahkan Agung, TTI/TTIC telah banyak berkiprah dalam menjual komoditas pangan dengan harga lebih murah dibanding di pasaran, karena dikirim langsung oleh petani.

"Kementan juga menjaga harga di tingkat produsen/petani karena menyangkut kesejahteraan petani. Kami bersama Bulog dan pelaku usaha melakukan pembelian langsung di petani pada harga wajar, agar petani untung," kata Agung.

Keberadaan TTI mampu memangkas mata rantai distribusi penjualan hasil pertanian yang panjang selama ini. Melalui TTI diharapkan perbaikan distribusi akan terbentuk, karena lebih mendekatkan petani dengan konsumen, sehingga petani selaku produsen memperoleh harga yang layak, dan konsumen memperoleh harga terjangkau.

Program e-commerce TTI sampai akhir Mei 2019 telah mencatat transaksi Rp11,5 miliar dan melibatkan 423 Gapoktan dan 1.172 TTI.

Agung mengatakan selama 2016-2019 pada periode Ramadhan tingkat inflasi mengalami penurunan. Tercatat sejak 2016 berturut-turut berada di level 0,69% (2016-2017); 0,59% (2018); dan 0,31% (2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper