Puncak Arus Mudik ke Sumbar Diprediksi Terjadi Hari Ini

Puncak arus mudik ke Sumatra Barat diprediksi terjadi hari ini, Jumat (31/5/2019).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Mei 2019  |  10:50 WIB
Puncak Arus Mudik ke Sumbar Diprediksi Terjadi Hari Ini
Ilustrasi - Foto udara kendaraan pemudik melintasi fly over Kelok Sembilan, di Kabupaten Limapuluhkota, Sumatra Barat, Senin (11/6/2018). Arus mudik ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra, Sumbar-Riau itu pada H-4 lebaran terpantau lancar. - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PADANG - Puncak arus mudik ke Sumatra Barat diprediksi terjadi hari ini, Jumat (31/5/2019). Pemerintah setempat sudah melakukan antisipasi.

"Kami hari ini akan turun ke lapangan untuk melakukan pentauan langsung. Mudah-mudahan semua bisa berjalan baik, meski ramai tetapi tetap lancar," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumatra Barat Heri Nofiardi.di Padang, Jumat (31/5/2019).

Berdasarkan pantauan sejak H-7, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi mulai ramai melewati jalan lintas tengah Sumatra dalam kelompok-kelompok atau konvoi. Namun, secara umum arus kendaraan masih cenderung lancar.

Heri menyebut sepanjang jalur mudik Lebaran itu Polda Sumbar bersama instansi terkait sudah didirikan pos pengamanan, posko pelayanan dan pos terpadu. "Kami berkoordinasi dengan semua pihak agar pemudik yang masuk ke Sumbar bisa merasa nyaman dan aman," katanya.

Selain pemudik perorangan, banyak juga pemudik yang pulang berombongan alias "Pulang Basamo" atau pulang bersama. Ada ribuan kendaraan pemudik yang digunakan untuk "Pulang Basamo" oleh belasan organisasi perantau dari berbagai daerah di 19 kabupaten/kota di provinsi itu.

"Khusus untuk pemudik gratis yang dibantu oleh Kementerian Perhubungan, ada 11 bus yang diberangkatkan. Diperkirakan sampai di Padang 2 Juni 2019," katanya.

Bus itu akan berhenti di Terminal Koto Lalang, Padang dan akan disambut oleh pemerintah daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumbar, mudik lebaran 2019

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top