Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Tambah 112 Titik Layanan BBM di Tol Trans Jawa

PT Pertamina (Persero) menyediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol dari Merak hingga Pasuruan, baik dengan adanya SPBU regular maupun SPBU modular menghadapi mudik Lebaran 2019.
Kendaraan melintasi ruas jalan tol Trans Jawa, di wilayah Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018)./Bisnis-Nurul Hidayat
Kendaraan melintasi ruas jalan tol Trans Jawa, di wilayah Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) menyediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol dari Merak hingga Pasuruan, baik dengan adanya SPBU regular maupun SPBU modular menghadapi mudik Lebaran 2019.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan setidaknya 112 titik layanan BBM di sepanjag jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan.

Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter (Mobile Dipenser) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 motor pengantar BBM (motorist BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

“Diharapkan dengan adanya titik pelayanan BBM ini dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada pemudik,” ujarnya, dalam keterangan tertulis, akhir pekan lalu.

Sebagai layanan kepada konsumen, Pertamina juga menyiapkan 9 titik Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur Tol Trans Jawa sebagai tempat istirahat bagi pemudik yang merasa lelah

Khusus untuk tol wilayah di Jawa Barat, Pertamina menyiapkan 26 SPBU di Ruas Tol Cikampek, Cipali, Ciawi, dan Cileunyi. selain itu, 14 Kios Pertamina Siaga dan 2 Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Jakarta – Cirebon. Sementara itu di jalur tol Jakarta – Merak juga disiapkan 6 SPBU.

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

PASTIKAN PASOKAN LPG AMAN

Untuk LPG, Pertamina menyatakan selama pekan pertama Ramadan konsumsi LPG 3 Kg di seluruh Indonesia tercatat mengalami kenaikan hingga rata-rata 10% dibandingkan kondisi normal.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan konsumsi rata-rata harian LPG 3 Kg secara nasional adalah sekitar 21.269 MT per hari, dan selama 6-13 Mei 2019 konsumsi tersebut naik menjadi 23.338 MT per hari.

"Kenaikan konsumsi ini terlihat seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Kami pastikan LPG 3 Kg tersedia dengan cukup sesuai dengan kebutuhan masyarakat, karena selama Ramadan dan Idulfitri kami menyiapkan tambahan pasokan hingga rata-rata 15% dari kondisi normal," ujarnya.

Pertamina juga menyiagakan 33.000 Pangkalan Siaga di seluruh Indonesia untuk menjamin ketersediaan LPG 3 kg di masyarakat. Hal ini penting agar masyarakat tetap bisa mendapatkan LPG 3 kg dengan mudah di sekitarnya. Selain itu, Pertamina juga menyiagakan 539 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) .

Mas'ud menambahkan jumlah agen dan pangkalan yang ditunjuk Pertamina untuk menjual LPG 3 kg sudah disesuaikan dengan peta kebutuhan di satu lokasi masyarakat. Hal ini karena status LPG 3 kg yang merupakan produk subsidi dari pemerintah, sehingga penyalurannya pun harus dilakukan dengan cermat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper