Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PTPN X Buka Pasar Ekspor Baru Tembakau di 3 Negara

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X tengah membidik pasar ekspor baru untuk komoditas tembakau di Hungaria, Jerman, dan Turki seiring dengan target produksi daun hijau tembakau sebanyak 9.460 ton tahun ini.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X tengah membidik pasar ekspor baru untuk komoditas tembakau di Hungaria, Jerman, dan Turki seiring dengan target produksi daun hijau tembakau sebanyak 9.460 ton tahun ini.

Aris Toharisman, Direktur Operasional PTPN X, mengatakan pada kuartal I/2019 BUMN itu telah mencatatkan penjualan hasil tembakau sebesar 724 ton.

"Dari penjualan di kuartal I saja sudah mencapai Rp104 miliar, dan produksi tembakau tersebut, kami kirim ke sejumlah negara-negara di Eropa dan Amerika," katanya Senin (13/5/2019).

Dia mengatakan untuk memproduksi 9.460 ton daun hijau, perseroan akan menanam tembakau di luas lahan 510 ha dengan target produktivitas mencapai 18,55 ton/ha.

Pada tanam perdana tembakau tahun ini dilakukan di Kebun Ajong Gayasan Jember pada 12 Mei 2019, dan selanjutnya di Kertosari Jember seluas 500 ha, serta Kebun Klaten seluas 10 ha.

"Sebelum ditanam, kita lebih dulu memulainya dengan tahap sebar pillen yang sudah dilakukan sejak April lalu," imbuh Aris.

Adapun jenis tembakau yang ditanam adalah jenis tembakau bawah naungan (TBN) dengan target kualitas NW 35% untuk Kebun Ajong Gayasan dan Kertosari.

Aris menambahkan, untuk mencapai target tersebut PTPN X terus melakukan perbaikan on farm dan off farm, manajemen hingga ditunjang dengan inovasi-inovasi di sisi pemasaran.

"Melalui berbagai upaya perbaikan denhan berkaca pada capaian tahun lalu, kami optimistis dapat mencapai target yang sudah ditetapkan bahkan bisa terlampaui," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper