Jalan Tol Pandaan-Malang Bantu Sektor Pariwisata Malang Raya

Jalan tol Pandaan-Malang diperkirakan membuat jarak Surabaya-Malang yang sebelumnya 3 jam menjadi hanya 1 jam.
Amanda Kusumawardhani | 13 Mei 2019 14:03 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) mengamati peta jalan tol Pandaan-Malang sebelum peresmian di gerbang tol Singosari, Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, MALANG — Presiden Joko Widodo menyebutkan keberadaan jalan tol Pandaan-Malang bakal menggenjot sektor pariwisata dan pendidikan di kawasan Malang Raya.

Menurutnya, ongkos logistik masyarakat dari arah Surabaya-Malang atau sebaliknya akan semakin murah.

Dari segi jarak tempuh, jalan tol itu diperkirakan membuat jarak Surabaya-Malang yang sebelumnya 3 jam menjadi hanya 1 jam.

"Saya kira akan sangat membantu sekali untuk perkembangan pariwisata dan pendidikan di Malang Raya," katanya saat meresmikan Jalan Tol Pandaan-Malang Ruas 1, 2, dan 3 di Malang, Senin (13/5/2019).

Setelah pembangunan Jalan Tol Pandaan-Malang rampung, pemerintah diakuinya akan segera memperpanjang landasan pacu bandara sepanjang 500 meter sehingga siap untuk dijadikan bandara internasional.

Hingga saat ini, pembangunan jalan tol Pandaan-Malang yang selesai hanya ruas 1, 2, dan 3. Untuk ruas 4 dan 5 sepanjang 7,9 km, Jokowi menargetkan penyelesaiannya pada akhir tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa menjelaskan keberadaan jalan tol tersebut memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan ekonomi di kawasan Malang Raya.

"Kita masih akan ada percepatan pada ruas 4 dan 5. Kalau sudah sampai pada ruas 4 dan 5, saya rasa yang sudah langsung kita bisa dapatkan itu 7,2 juta wisatawan ke Batu," tekannya.

Dia menambahkan, jika keberadaan jalan tol juga didukung dengan bandara internasional, maka segitiga emas di Malang Raya akan menjadi kawasan ekonomi yang sangat menjanjikan.

Jalan tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Pembangunan jalan tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun. 

Adapun nilai konstruksi sebesar Rp3,7 triliun dikerjakan oleh PT.Pembangunan Perumahan (PP).

Jalan tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata.

Kehadiran ruas jalan tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, jalan tol, malang

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup