Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Banjir, Tanggul di Sungai Cisadane Ditinggikan

Di Sungai Cisadane, meski pintu air di bendungan pintu air 10 sudah dibuka, luapan tetap terjadi. Hal ini juga disebabkan pada proses penurupan oleh Kementrian PUPR yang sebagian belum selesai.
Sungai Cisadane di Tangerang/skyscrapercity.com
Sungai Cisadane di Tangerang/skyscrapercity.com

Bisnis.com, TANGERANG--Pemerintah Tangerang, Banten, akan meninggikan tanggul di Sungai Cisadane dan Kali Angke pascabanjir yang merendam ratusan rumah warga pekan lalu.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, menjelaskan bahwa rencana peninggian tanggul saat ini sedang dalam penghitungan tim di lapangan. Peningkatan debit air yang sewaktu-waktu meningkat drastis, diharapkan tak berdampak pada banjir yang merendam pemukiman warga.

Misalnya saja di Sungai Cisadane, meski pintu air di bendungan pintu air 10 sudah dibuka, luapan tetap terjadi. Hal ini juga disebabkan pada proses penurupan oleh Kementrian PUPR yang sebagian belum selesai.

"Kita sedang melihat dari peristiwa kemarin di beberapa titik yang meluap dan akan disolusikan dengan pembuatan tanggul lebih tinggi," ujarnya Senin (29/4/2019).

Sementara untuk di Kali Angke, aliran dari Kali Cantiga yang berasal dari pesanggrahan Jakarta Barat dan melintas di Tangerang berdampak pada banjir.

Meski aliran air tersebut sebagai lintasan, warga menjadi khawatir jika di Jakarta juga terjadi banjir. "Sebenarnya yang di timur Tangerang itu hanya air lintasan tetapi membuat warga khawatir. Kita akan tinggikan juga tanggulnya," ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Tangerang, Tatang Sutisna, menambahkan, petugas lapangan masih ditugaskan untuk membersihkan drainase yang menjadi penyebab sumbatan dan air meluap.

Kemudian, tanggul yang ada pun diperiksa untuk memastikan tak ada rembesan. Penanganan banjir masih terus dilakukan mengingat intensitas hujan yang masih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper