5 Terpopuler Ekonomi, Ketika Wapres JK Bicara soal Tenaga Kerja Asing di China dan RI Butuh Peta Jalan Pengembangan Maritim

Wapres Jusuf Kalla yang membahas soal tenaga kerja asing saat menghadiri Forum BRF menjadi berita terpopuler di kanal Ekonomi Bisnis.com pada hari Jumat (26/4/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 26 April 2019  |  14:06 WIB
5 Terpopuler Ekonomi, Ketika Wapres JK Bicara soal Tenaga Kerja Asing di China dan RI Butuh Peta Jalan Pengembangan Maritim
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) bertemu Presiden China Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Kamis (25/4/2019). - ANTARA/M, Irfan Ilmie

1. Ketika Wapres JK Bicara soal Tenaga Kerja Asing di China

Indonesia menekankan status hak milik proyek dan keberadaan tenaga kerja asing dalam kerangka Kerja Sama Forum Internasional Sabuk dan Jalan (Belt and Road Forum - BRF) yang diprakarsai oleh Presiden China Xi Jinping.

Menurutnya, tenaga kerja asing asal China harus berdasarkan nilai dan bentuk investasi. "Ownership dan tenaga kerja asing jadi concern kita di sini," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Beijing, Kamis (25/4/2019) malam.

Baca selengkapnya di sini.

2. Sri Mulyani: Infrastruktur Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka Infrastructure Summit 2019 di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Dalam acara itu, Menkeu menyinggung soal korelasi infrastruktur dengan pertumbuhan ekonomi. Baca selengkapnya di sini.

3. Puasa, Penjualan Properti Bakal Turun 20 Persen

Tren penjualan properti pada saat Bulan Puasa biasanya akan mengalami penurunan hingga 20 persen dan kembali naik menjelang dan setelah Lebaran.

“Di periode itu biasanya orang punya bonus untuk bayar uang muka. Kalau sebelum Lebaran kan orang kan mikirnya puasa, apalagi kaya waktu persiapan waktu masuk sekolah,” kata Ketua umum Himpunan Pengembang Perumahan dan Permukiman Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja Kamis, (26/4/2019).

Baca selengkapnya di sini.

4. Cetak Buku Manual Elektronik di Dalam Negeri Sulit Dilakukan

Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) siap mencetak buku manual produk elektronik di dalam negeri jika ada permintaan pemerintah.

Namun asosiasi menyatakan hal itu sulit dilakukan karena bertentangan dengan ketentuan WTO. Baca selengkapnya di sini.

5. Indonesia Butuh Peta Jalan Pengembangan Maritim

Konsep Indonesia sebagai poros maritim dunia sejatinya merupakan cita-cita yang luhur.

Sayangnya, keinginan tersebut belum disertai dengan pembuatan sistem atau roadmap pengembangan dalam jangka panjang.

Baca selengkapnya di sini.

Editor : Surya Rianto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top