Mengharap Akses Transportasi Pendukung yang Baik Menuju YIA

Moda transportasi penunjang sedang dibenahi menjelang pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akhir bulan ini.
Sri Mas Sari | 25 April 2019 08:51 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X (kiri) saat meninjau progres pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Rabu (24/4/2019). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Bisnis.com, WATES - Moda transportasi penunjang sedang dibenahi menjelang pengoperasian Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo akhir bulan ini.

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menguji coba penggunaan kereta api bandara menuju YIA. Bisnis dan rombongan wartawan dari Jakarta serta Yogyakarta juga turut serta. 
 

Kami berangkat dari Stasiun Maguwo pukul 7.57 WIB. Sempat berhenti di Stasiun KA Bandara sekitar 8 menit, kereta melanjutkan perjalanan pukul 08.15 WIB. Kereta tiba di Stasiun Wojo, stasiun terdekat YIA, pukul 09.00 WIB.  
 

Dari Stasiun Wojo, kami naik bus dan shuttle bus yang sudah disediakan. Pukul 09.15 WIB, kami tiba di terminal keberangkatan YIA.

 

Dari hasil uji coba itu, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Pertama, ketersediaan shuttle bus yang cukup di Stasiun Wojo. 
 

Kedua, jalur yang memadai untuk mengoneksikan penumpang sejak turun dari kereta menuju shuttle bus. Menurut pantauan, jalan di depan pintu keluar stasiun menuju tempat parkir shuttle bus masih berbatu sehingga akan menyulitkan penumpang yang membawa bagasi.
 

Menhub Budi Karya berjanji, pemerintah tidak hanya menyediakan bandara, tetapi juga aksesibilitas yang lebih baik. 
 

"Yang akan datang, atas saran ngarso dalem [Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X], kami akan bangun langsung [jalur KA] dari Jogja ke sini [YIA]. Itu akan selesai 2020 sehingga penumpang akan nyaman. Dengan kereta api yang punya waktu tempuh 45 menit itu, daya jangkaunya relatif baik," ujarnya saat meninjau proyek YIA, Rabu (24/4/2019).


Budi membuka kemungkinan KA Bandara menuju YIA akan diberangkatkan melalui Stasiun Lempuyangan agar Stasiun Maguwo yang selama ini mempermudah akses ke Bandara Adi Sutjipto, tidak terlalu padat. 


Selain KA Bandara, Kemenhub menyediakan bus Damri yang berangkat dari Terminal Giwangan.


PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola YIA bersama Kemenhub akan kembali menggelar simulasi yang lebih simultan pada 26 April, untuk menguji pergerakan penumpang dari dalam dan luar kota Yogyakarta hingga proses keberangkatan di terminal keberangkatan YIA. 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenhub, bandara, angkasa pura i, Sri Sultan Hamengkubowono X, bandara yogyakarta

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top