Fokus APBN 2020 ke Penguatan SDM, Presiden Jokowi Pastikan Anggaran Infrastruktur Tak Digeser

Presiden Jokowi mengungkapkan bagi kementerian atau lembaga yang sekiranya masih ragu atas alokasi anggarannya, bisa melakukan realokasi anggaran ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Amanda Kusumawardhani | 23 April 2019 11:38 WIB
Presiden Jokowi memberi arahan dalam rapat terbatas pembahasan anggaran RAPBN 2020 di Istana Bogor, Selasa (23/4/2019). - Bisnis/Amanda K. Wardhani

Bisnis.com, BOGOR — Presiden Joko Widodo menyatakan belanja modal daerah masih didominasi oleh pembangunan infrastruktur dasar, terutama yang berkaitan dengan jalan dan air bersih.

Dalam hal ini, Presiden Jokowi mengungkapkan bagi kementerian atau lembaga yang sekiranya masih ragu atas alokasi anggarannya, bisa melakukan realokasi anggaran ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Mungkin kalau melihat perjalanan kemarin, 4 tahun ini Kementerian PU [Pekerjaan Umum] yang bisa merealisasikan anggaran-anggaran yang diberikan. Mungkin anggaran-anggaran yang masih di kementerian ragu, masukkan saja di Kementerian PU," kata Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Bogor, Selasa (23/4/2019).

Secara umum, Kepala Negara meyakinkan anggaran infrastruktur tidak akan terpangkas pada 2020 meski fokus saat ini sudah bergeser ke penguatan sumber daya manusia.

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan arah pembangunan infrastruktur akan difokuskan pada infrastruktur dasar utama yakni air bersih, sanitasi, irigasi, dan jalan arteri.

Khusus untuk proyek skala besar, pemerintah akan mendorong pembiayaan non-APBN yaitu kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU).

“Ya paling penting kita tidak bicara berapa anggaran yang berkurang, tetapi proyek infrastrukturnya akan tetap bertambah karena infra tidak hanya berasal dari anggaran tapi banyak yang didorong melalui skema di luar APBN,” katanya di Istana Negara, Senin (22/4/2019).

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jokowi, infrastruktur, sumber daya manusia, anggaran infrastruktur

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup