PTPN IX Gencarkan Hilirisasi Produk Kopi

PT Perkebunan Nusantara (IX) menggenjot upaya hilirisasi produk perkebunan kopi dan teh. Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuka salah satu cafe Banaran Coffe and Art di kawasan Bukit Sari Semarang.
Alif Nazzala Rizqi | 16 April 2019 12:56 WIB
Pekerja mengemas produk minuman kopi serbuk di pabrik produk hilir PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX, Banaran, Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (31/7). - ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, SEMARANG - PT Perkebunan Nusantara (IX) menggenjot upaya hilirisasi produk perkebunan kopi dan teh. Salah satu upaya yang dilakukan yakni membuka salah satu cafe Banaran Coffe and Art di kawasan Bukit Sari Semarang.

Direktur operasional Tanaman Tahunan PTPN IX Mahmudi menuturkan, Banaran Coffe and Art memiliki konsep unik dibandingkan cafe pada umumnya. Pasalnya, cafe tersebut menawarkan citarasa kopi dan teh yang khas.

"PTPN IX sedang menggenjot hilirisasi produk perkebunan, salah satunya ya membuka cafe. Kami ingin menghadirkan kopi dan teh dengan citarasa tinggi," kata Mahmudi usai membuka Banaran Coffe and Art di Semarang Selasa (16/4/2019).

Dia menjelaskan, selain menonjolkan citarasa, Banaran Coffe and Art juga menawarkan cerita mengenai asal muasal kopi dan teh dari PTPN IX. Menurutnya, kisah dari para pemetik kopi dan teh memiliki sebuah filosofi tersendiri.

"Cerita mengenai para pemetik kopi dan teh menjadi satu nilai tambah bagi pengunjung yang datang ke Banaran Coffe and Art, sehingga mereka bisa mengetahui darimana kopi yang mereka minum berasal," ujarnya.

Selain menghadirkan kopi dan teh Banaran Coffe and Art juga merupakan tempat yang tepat sebagai co working space bagi anak muda maupun pekerja kantoran. 

"Cafe ini sangat cocok untuk digunakan meeting bagi mahasiswa maupun untuk karyawan yang ingin metting di luar kantor," tuturnya.

Lebih lanjut Mahmudi berharap, adanya cafe tersebut memperkuat hilirisasi produk perkebunan milik PTPN IX terutama kopi dan teh.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ptpn ix, kopi

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top