Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DAMPAK KRISIS BISNIS PENERBANGAN : Ngalap Berkah dari Panjang Jalan Tol

Awal 2019 dimulai dengan tingginya harga tiket penerbangan yang berujung pada sepinya penumpang baik di bandara milik PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).
1

Berkah Jalan Tol

Ilustrasi - Pemandangan ruas jalan tol Trans Jawa di sekitar Jembatan Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat
Ilustrasi - Pemandangan ruas jalan tol Trans Jawa di sekitar Jembatan Kalikuto, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/12/2018). - Bisnis/Nurul Hidayat
Bagikan

Di tengah kabar kurang baik di sektor penerbangan tersebut, geliat berbeda diperlihatkan oleh sektor perhubungan darat. Pemerintah perlahan-lahan menyelesaikan pekerjaan rumahnya dengan menyambungkan jalan tol Trans-Jawa, dan sebagian Tol Trans-Sumatra.

Menyambungnya dua tol yang menghubungkan transportasi di dua pulau terbesar di Indonesia ini dianggap sebagai momentum kebangkitan angkutan darat di tengah kurang bergairahnya sektor penerbangan dan angkutan laut.

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi memprediksikan kontribusi sektor transportasi darat terhadap produk domestik bruto (PDB) 2019 tetap akan menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan sektor lain.

“SCI memprediksi sektor transportasi Indonesia pada tahun 2019 akan tumbuh sebesar 11,15% menjadi Rp740,4 triliun dari Rp666,2 triliun pada 2018. Kontributor tertinggi masih dari angkutan darat sebesar Rp380,8 triliun atau sebesar 51,43% dan angkutan udara sebesar Rp282,2 triliun atau 38,12%,” katanya, akhir pekan lalu.

2 dari 6 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan jalan tol Kemenhub
Sumber : Bisnis Indonesia
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top