Sriwijaya Air Bidik Kawasan Regional

Sriwijaya Air Group rute regional guna memperluas jaringan penerbangan dan meningkatkan pangsa pasar.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 Maret 2019  |  13:49 WIB
Sriwijaya Air Bidik Kawasan Regional
Pesawat Sriwijaya Air, berada di kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (8/3/2019). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Sriwijaya Air Group membidik sejumlah rute di regional guna memperluas jaringan penerbangan dan meningkatkan pangsa pasar.

Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph A. Saul mengatakan dalam waktu dekat, pihaknya berencana membuka beberapa rute penerbangan baru di kawasan regional. 

“Target kami, Sriwijaya Air akan melayani penerbangan ke Manila, Bangkok, dan Australia contohnya Kupang-Darwin PP maupun Lombok-Perth PP,” ujarnya, Jumat (22/3/2019).

Joseph menambahkan ekspansi penerbangan juga akan dilakukan hingga ke China. Penerbangan menuju Negeri Panda rencananya akan berasal dari Manado.

Pihaknya menyatakan rencana ekspansi rute penerbangan di kawasan regional ini didasari sejumlah pertimbangan. Selain ingin meraih sertifikasi IATA Operational Safety Audit (IOSA) dan Skytrax, maskapai juga ingin memperbaiki kinerja keuangan.

Dia optimistis kinerja operasional Sriwijaya akan semakin membaik menyusul terjalinnya kerja sama operasi dengan Garuda Indonesia Group, salah satunya Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia. GMF merupakan perusahaan perawatan pesawat.

“Dengan support dari GMF, On Time Performance [ketepatan waktu terbang] kami sudah mulai meningkat, dari rata-rata 65% menjadi hampir 80%. Target kami tahun ini adalah 85%,” sebut Joseph.

Sementara itu, Sriwijaya juga berencana meluncurkan layanan baru yaitu kelas ekonomi premium. Layanan ini ditujukan untuk kaum milenial atau pasar bisnis anak muda.

Dia berpendapat karakteristik anak-anak milenial saat ini mayoritas menyukai wisata petualangan dan kuliner. Hal tersebut menjadi salah satu pasar yang cukup menguntungkan bagi operator penerbangan.

“Tak bisa dipungkiri saat ini, keberadaan kaum milenial sangat menjanjikan bagi industri penerbangan. Kami berusaha memberikan pengalaman yang berkesan dengan menghadirkan alternatif layanan kelas yang lebih eksklusif dibandingkan dengan kelas lain,” terang Joseph.

Peluncuran layanan baru kelas ekonomi premium Sriwijaya ini disebut sudah diproses hingga ke pihak regulator. Perusahaan mengklaim seluruh pengajuan dan izin sudah disampaikan dan diharapkan bisa segera mendapatkan persetujuan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sriwijaya air, maskapai penerbangan

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top