Siap-Siap Mudik Gratis Pakai Kapal Ro-Ro, Pemberangkatan H-4

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) siapkan mudik gratis menggunakan angkutan kapal ro-ro [roll off-roll on] dengan anggaran Rp6,1 miliar.
Rinaldi Mohammad Azka | 19 Maret 2019 19:40 WIB
Pemudik dengan mobil pribadi antre masuk kapal RoRo untuk menyeberangi Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (23/6). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) siapkan mudik gratis menggunakan angkutan kapal ro-ro (roll off-roll on) dengan anggaran Rp6,1 miliar.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menyiapkan 3 unit kapal dengan kapasitas angkut per kapalnya 1.000 motor dan 2.000 penumpang.


“Lintasan yang dilayani adalah Jakarta--Lampung, Jakarta--Semarang, dan Jakarta--Surabaya. Dengan kuota penumpang 6.000 penumpang dan 3.000 motor,” ungkapnya, Selasa (19/3/2019).


Kapal ro-ro tersebut memiliki rute keberangkatan Tanjung Priok dengan tujuannya ke Surabaya, Semarang, dan Panjang.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana menambahkan bahwa pemudik gratis yang menggunakan kapal ro-ro akan diberangkatkan serentak pada H-4, Sabtu, 1 Juni 2019.

Adapun untuk baliknya, akan diberangkatkan pada H+2, Sabtu, 8 Juni 2019, serentak, dari Semarang, Surabaya dan Lampung. Ditjen Darat menyiapkan 1.200 bus untuk Program Mudik Gratis dengan moda bus pada Angkutan Lebaran yang akan jatuh pada bulan Juni 2019.


“Kemudian jumlah pemudiknya, jika pada 2018 terdapat 44.041 orang peserta mudik gratis, pada 2019 ini kami berencana untuk dapat memulangkan masyarakat sampai dengan 54.000 orang peserta mudik gratis dari Jabodetabek ke kota tujuan masing-masing, jadi ada kenaikan 18%,” kata Budi.


Masih sama seperti tahun lalu, pada tahun ini Kemenhub juga akan memfasilitasi masyarakat yang ingin membawa sepeda motor untuk bersilaturahmi di kampung halaman.


Tahun ini disiapkan 100 truk yang dapat mengangkut 3.500 unit sepeda motor. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengurangi jumlah penggunaan sepeda motor pada saat mudik lebaran.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kapal roro, kemenhub, mudik gratis

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup