Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nyepi, Penumpang KA Daop 9 Jember Meningkat

Okupansi penumpang kereta api di sejumlah stasiun wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengalami peningkatan saat libur Hari Raya Nyepi
Ilustrasi - Calon penumpang kereta api./Bisnis
Ilustrasi - Calon penumpang kereta api./Bisnis

Bisnis.com, JEMBER - Okupansi penumpang kereta api di sejumlah stasiun wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengalami peningkatan saat libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.

"Rata-rata okupansi penumpang kereta di sejumlah rangkaian KA saat ini berkisar 80%--90% dari total tempat duduk yang tersedia. Adapun pada hari normal biasanya keterisian penumpang 60%--70%," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Luqman Arif, Kamis (7/3/2019).

Dia mengatakan tiket KA Probowangi relasi Banyuwangi--Surabaya terjual habis untuk keberangkatan sejak 3 Maret hingga 7 Maret 2019, sedangkan tiket kereta lokal yakni KA Pandanwangi relasi Jember--Banyuwangi PP juga mengalami peningkatan selama libur Nyepi.

"Hari ini penumpang KA Pandanwangi yang berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 05.15 WIB mengalami peningkatan yakni sebanyak 90% dari total kapasitas 954 penumpang," tuturnya.

Menurutnya, kapasitas tempat duduk KA Pandanwangi sebanyak 636 kursi dan 318 tiket tanpa tempat duduk atau 50% dari kapasitas tempat duduk, sehingga totalnya sebanyak 954 tiket KA Pandanwangi yang tersedia sudah terjual sebanyak 90%.

"Biasanya saat hari kerja jumlah penumpang kereta lokal baik dari Jember menuju Banyuwangi maupun sebaliknya berkisar rata-rata 60%--70% dari tempat duduk, sehingga ada peningkatan yang signifikan untuk KA Pandanwangi selama libur Hari Raya Nyepi," katanya.

Untuk KA jarak jauh dan menengah, lanjut dia, juga mengalami peningkatan dengan okupansi penumpang rata-rata 80%--90% karena sebagian warga bepergian dengan menggunakan moda transportasi kereta api selama libur Tahun Baru Saka tersebut.

"Secara keseluruhan terjadi peningkatan sekitar 5%--10% untuk okupansi penumpang kereta api di wilayah Daop 9 Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi," ujarnya.

Setiap hari, di Daop 9 Jember tercatat delapan keberangkatan KA jarak jauh dan menengah yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Tawang alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon, dan KA Wijayakusuma relasi Banyuwangi-Cilacap. Adapun untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper