PUPR Siapkan Skema Percepatan Pengurusan Izin IMB dan SLF

Kementerian PUPR mengembangkan Sistem Informasi Bangunan Gedung untuk mempercepat penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF).
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 27 Februari 2019  |  16:13 WIB
PUPR Siapkan Skema Percepatan Pengurusan Izin IMB dan SLF
Pembangunan perumahan bersubsidi di kawasan Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMBG) untuk membantu pemerintah kabupaten/kota dalam menyelenggarakan bangunan gedung yakni dalam penyelenggaraan  Izin Mendirikan Bangunan Gedung (IMB) dan Sertifikat Laik Fungsi Bangunan (SLF) yang lebih tertib dan transparan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sistem tersebut dikembangkan karena Kementerian PUPR menekankan pentingnya pemenuhan persyaratan keandalan bangunan gedung, khususnya aspek keselamatan, kenyamanan, kesehatan, kemudahan serta keserasian bangunan dan lingkungan, sesuai dengan amanat UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (BG).

“Diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat menyelenggarakan seluruh bangunan gedung secara tertib dan terjamin keselamatan penggunanya melalui IMB dan SLF yang telah mengikuti ketentuan persyaratan teknis bangunan gedung (building codes),” kata Menteri Basuki, dikutip melalui keterangan resmi, Rabu (27/2/2019).

Kepala Subdit Standarisasi dan Kelembagaan, Direktorat Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Wahyu Kusumosutanto menjelaskan SIMBG merupakan perangkat yang dapat digunakan bagi pemohon, perangkat daerah yang membidangi urusan perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu serta perangkat daerah yang membidangi urusan bangunan gedung.

“Dengan adanya SIMBG diharapkan proses penyelenggaraan bangunan gedung juga menjadi lebih efektif dan koordinasi antar perangkat daerah terkait menjadi lebih jelas,” jelas dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sertifikat laik fungsi, izin mendirikan bangunan

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup