Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Pelni Berhasil Selamatkan KM. Simba I di Perairan Lirung

KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 51, kapal negara yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - Pelni berhasil menyelamatkan KM. Simba I yang mengalami kerusakan dan terombang ambing di laut.
Ilustrasi: KM Sabuk Nusantara 55/Antara
Ilustrasi: KM Sabuk Nusantara 55/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 51, kapal negara yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) - Pelni berhasil menyelamatkan KM. Simba I yang mengalami kerusakan dan terombang ambing di laut.

KM. Simba I meminta pertolongan di perairan Lirung, Melangone Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (28/12) petang.

"Dalam pertimbangan Nautis Teknis dan cuaca mendukung serta mempertimbangkan keselamatan penumpang kapal dan kru, kapal Pelni dapat memberikan pertolongan kepada kapal lain yang memerlukan pertolongan," ujar Kepala Designated Person Ashor (DPA) PT Pelni (Persero) Capt. Yanto Duriyanto yang mengomando penyelamatan, Sabtu (29/12/2018) dalam keterangan resminya. 

Atas pertimbangan kondisi tersebut, DPA memberikan izin kepada Nakhoda KM. Sanus 51 Capt. Robinson Pakpahan untuk melakukan manuver dalam proses penyelamatan KM. Simba I, berkoordinasi dengan KUPP Lirung Stanly Kennedy serta Kasub Pelni Tahuna Jimmy Moningka dan Kacab PT.

Capt. Yanto mengatakan bahwa kapal Pelni Sanus 51 berada di posisi terdekat untuk memberikan pertolongan kepada kapal yang mengalami kerusakan.

"Kapal terdekat berkewajiban memberikan pertolongan, namun dengan mengedepankan keselamatan kapal dan para penumpang kapal yang akan menolong terlebih dahulu," tuturnya.

KM. Simba I diinformasikan terombang-ambing dengan jarak tujuh mil dari Pelabuhan Lirung. kapal tersebut kemudian berhasil diselamatkan pada pukul 05.00 WITA.

Saat ini, KM. Sanus 51 untuk sementara mengapung untuk persiapan menuju dermaga.

"Jadi, intinya KM. Sanus 51 sudah berhasil men-towing (menderek), menolong KM Simba I sampai sandar di dermaga Lirung," tegas Capt. Yanto Duriyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Saeno
Sumber : PT Pelni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper