Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KILAS BALIK: Inilah Deretan Peristiwa Properti Nasional Selama 2018

Sejumlah peristiwa penting di sektor properti telah terjadi pada tahun 2018. Bisnis.com merangkumnya dalam kaleidoskop 2018
Deretan gedung perkantoran dilihat dari kawasan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (25/10/2018)./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso
Deretan gedung perkantoran dilihat dari kawasan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (25/10/2018)./ANTARA-Indrianto Eko Suwarso

Sejumlah peristiwa penting di sektor properti telah terjadi pada tahun 2018. Bisnis.com merangkumnya dalam kaleidoskop 2018

JANUARI

16           Pemprovi DKI Jakarta mengajak investor asing untuk ikut dalam pembangunan hunian berkonsep dekat dengan moda transportasi (TOD) dengan skema public private partnership,

 FEBRUARI

11           Sinar Mas Land merambah pengembangan Jawa Timur dengan menggandeng PT Borland Nusantara untuk memulai pembangunan apartemen Klaska Residence di Surabaya.

18           PT Astra Modern Land mempercepat pembangunan perumahan skala kota, Asya seluas 70 hektare di Kawasan Jakarta Garden City dengan meluncurkan tiga klaster baru.

23           Investor Korsel, GS E&C Group tandatangani MoU dengan pengembang lokal Vasanta Indoproperti menggarap pasar hunian vertikal 5 menara dengan total 1.474 unit di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat seluas 2,5 hektare.

MARET

2              Tahap pertama mega proyek reklamasi Pantai Losari seluas 100 hektare garapan Ciputra Grup dengan Pemprov Sulawesi Selatan rampung. Proyek Center Point of Indonesia (CPI) itu seluas 157 hektare, 50 hektare lahan untuk pemerintah dan 107 hektare dikembangkan menjadi kota modern baru terintegrasi yakni CitraLand City Losari Makassar.

9              PT Modernland Realty Tbk. gandeng PT Waskita Karya Realty menggarap proyek kota mandiri seluas 350 hektare di Bekasi yang akan di kembangkan dengan konsep toll road city, dengan investasi sekitar Rp1,1 triliun.

15           Kementerian Perdagangan menyidak sejumlah agen penjualan rumah atau broker properti yang tidak mengantongi Surat Izin Usaha Perantara Perdagangan Properti atau SIU-P4, salah satunya perusahaan broker Chika Property di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

24           Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membubarkan Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum) dan segera membentuk Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat  (Tapera).

 APRIL

2              Bank Indonesia (BI) bersama asosiasi pengembang REI menyepakati kerja sama dalam rangka pengumpulan dan pertukaran data dan/atau informasi khususnya mengenai properti.

 MEI

8              Crown Group, pengembang Australia yang dipimpin diaspora Indonesia, Iwan Sunito mengumumkan proyek pertamanya di Indonesia dengan menggandeng PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk. menggarap proyek mixed use luxury waterfrontsenilai Rp7 triliun.

JUNI

7              Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyegel 932 bangunan di Pulau Reklamasi D milik PT Kapuk Niaga Indah. Adapun, sebanyak 621 unit di antaranya sudah rampung, 311 sisanya masih dalam proses pengerjaan, dan menyegel lahan Pulau C yang juga milik PT Kapuk Niaga Indah walau belum ada bangunan atau aktivitas pembangunan.

8              Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional menyebutkan hanya 41 RDTR atau 2,2% dari total 1.838 daerah di Indonesia yang telah masuk ke dalam perarturan daerah (perda) masing-masing.

 Juli

4              Daiwa House mulai garap residensial di Indonesia, The Garden Sakura, dengan membentuk usaha patungan PT Sayana Integra Properti, menggandeng BUMN Jepang, Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation fot Transport & Urban Development (JOIN) serta pengembang lokal Trivo Group.

12           PT Sentul City Tbk bersama Sumimoto Corporation dan Hankyu Hanshin Properties Corporation dari Jepang membentuk perusahaan joint venture, PT Izumi Sentul Realty, mengembangkan apartemen Opus Park di Bogor, Jawa Barat

24           Kota Deltamas, proyek pengembangan PT Puradelta Lestari Tbk. meluncurkan klaster rumah tapak, Naraya Park, dengan segmen kelas menengah di kawasan industri di Jakarta Timur.

Agustus

1              Relaksasi rasio loan to value Bank Indonesia mulai berlaku, sehingga bisa menekan besaran uang muka kredit rumah pertama

13           PT Jakarta Propertindo (Jakpro), BUMD milik Pemprov DKI Jakarta siap mengembangkan pusat kawasan bisnis (CBD) seluas 300 hektare di Pulomas, Jakarta Timur, yang diklaim paling luas di Jakarta saat ini.

16           PT Hanson Internasional Tbk. (MYRX) mendeklarasikan ambisinya untuk membangun real estate seluas 15.000 hektare dari Serpong sampai Maja, bernama Grand Jakarta.

24           Kementerian PUPR meluncurkan program sistem bank tanah dan mulai merilis modal biaya dari Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabunagn (BPPBT)

September

5              MNC Land menandatangani nota kesepahaman dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membangun transit oriented development (TOD) di area pengembangan Lido, Kabupaten Bogor dan Sukabumi.

 17           PT Puradelta Lestari Tbk. bersama PT Panasonic Homes Gobel Indonesia mengembangkan proyek smart township, Savasa seluas 37 hektare, di Cikarang, Bekasi.

21           PT Riscon Victory atau Riscon Realty garap rumah subsidi di Karawang, Jawa Barat. Proyek terebut dinamakan Grand Riscon Karawang yang akan menampung 1.350 unit rumah subsidi.

 Oktober

17           KPK menetapkan Direktur PT Operasional Lippo Group Billy Sindoro sebagai salah satu tersangka kasus dugaan suap perizinan proyek apartemen skala kota, Meikarta.

31           BUMN asal China, China Communication Construction Group (CCCG), ekspansif dengan menggarap kawasan Kemang Jakarta Selatan, dan Tanjung Duren Jakarta Barat.

 November

22           Jababeka menggandeng Creed Group asal Jepang mengembangkan proyek lanjutan, apartemen kelas atas Kawana 2 Concierge Golf Apartment yang merangkum sebanyak 347 unit.

Desember

4              PT Adhi Commuter Properti, anak perusahaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., ground breaking proyek LRT City - Urban Signature Ciracas seluas 6,2 hektare di Jakarta Timur.

 7              REI menawarkan kepada investor asing untuk menanamkan modal pada 56 proyek properti di Indonesia, selama gelaran The International Real Estate Federation (FIABCI) Global Summit 2018 di Bali.

10           Pemerintah tembus target program satu juta rumah dengan terbangunnya 1.076.856 unit rumah dengan porsi 729.876 unit rumah untuk MBR dan 346.980 unit untuk rumah non-MBR.

11 Desember     3 BUMN (adalah Perum Perumnas, PT HK Realtindo anak PT Hutama Karya, dan PT Adhi Commuter Properti anak PT Adhi Karya). mengembangkan hunian terintegrasi transportasi (TOD) di tiga stasiun, yaitu di  Stasiun Rawa Buntu, Stasiun Jurangmangu, dan Stasiun Cisauk yang menelan investasi Rp6 triliun. KetigaBUMN tersebut

12           Pemerintah mengumumkan skema khusus pembiayaan perumahan bagi generasi milenial dengan berbagai keringanan, termasuk bunga kredit.

13           Farpoint Realty Indonesia menggandengan Tokyo Tatemono dengan membentuk usaha patungan untuk mengembangkan proyek kondominium The Loggia dengan lokasi berdekatan dengan pusat bisnis (CBD) Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper