Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UI Gandeng Kalangan Industri Kembangkan Kewirausahaan

Universitas Indonesia melakukan nota kesepahaman bersama dengan berbagai pihak dari kalangan industri untuk mendukung pengembangan kewirausahan di kampus tersebut.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Indonesia melakukan nota kesepahaman bersama dengan berbagai pihak dari kalangan industri untuk mendukung pengembangan kewirausahan di kampus tersebut.

Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama Dedi Priadi menandatangani Nota Kesepahaman Bersama antara UI dengan PT Bursa Efek Indonesia, PT Mandiri Capital Indonesia, Kejora Ventures, PT Integritas Training Idea, PT Investasi Inovasi Indonesia dan GK - Plug and Play.

Dedi Priadi mengatakan sebagai perguruan tinggi, pihaknya berkewajiban mengembangkan dan memberikan fasilitasi berupa sarana dan prasarana juga berbagai program untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, juga akses pendanaan.

"Sekarang ini, permasalahan di masyarakat semakin kompleks. Lewat kegiatan ini diharapkan bisa tercipta cara menyelesaikan masalah tersebut. Karena itu, salah satu tujuan acara ini adalah mendorong terciptanya startup yang lebih bagus dalam pengabdian kepada masyarakat," kata Dedi melalui rilis yang diterima Bisnis, Rabu (5/12/2018).

Selain itu, MoU juga dilakukan UI dengan PT Mandiri Capital Indonesia dan UI dengan PT Suitmedia Kreasi Indonesia mengenai Program Pembinaan Kewirausahaan. Kewirausahaan didorong terus bertumbuh dititikberatkan pada penciptaan start up yang berdampak bagi lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan.

Direktur Pengelolaan dan Pengembangan Unit-unit Usaha UI Nia Noerhadi mengatakan kerja sama tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan semangat kewirausahaan di lingkungan civitas akademika UI.

Dia berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan di tataran praktis untuk membantu penciptaan sociopreneur di lingkungan UI.

"Sociopreneur bisa diibaratkan memberikan kail kepada masyarakat bukan sekedar ikan, sehingga masyarakat yang nantinya bisa memaksimalkan untuk meningkatkan pendapatannya," katanya.

Menurutnya selama ini bidang kewirausahaan terus digodok untuk mendorong terciptanya start up di lingkungan kampus guna membantu menyelesaikan berbagai masalah di masyarakat secara luas, baik secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

"Kedepannya UI akan terus selalu berupaya untuk mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan sarana pendampingan dan pembekalan untuk para start up dengan berkolaborasi dengan industri dan berbagai pihak terkait. Sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper