Potensi Ekspor Kelor Sangat Menjanjikan

Potensi ekspor kelor (moringa) sangat menjanjikan pasar internasional, sehingga tanaman tersebut memiliki peluang ekonomi yang besar untuk dibudidayakan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 November 2018  |  23:39 WIB
Potensi Ekspor Kelor Sangat Menjanjikan
Daun kelor - Istimewa

Bisnis.com, LHOKSEUMAWE – Potensi ekspor kelor (moringa) sangat menjanjikan pasar internasional, sehingga tanaman tersebut memiliki peluang ekonomi yang besar untuk dibudidayakan, kata Direktur PT Moringa Organik Indonesia Dudi Krisnadi.

"Pangsa pasar kelor Indonesia sangat terbuka luas, terutama untuk negara-negara diwilayah timur tengah, sehingga hal itu menjadi peluang usaha terhadap jenis usaha tanaman tersebut, katanya di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (30/11/2018).

Dudi Krisnadi khusus diundang oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe untuk menjadi pembicara pada acara Fokus Grup Diskusi yang bertemakan Peluang Peningkatan Ekspor Produk Kelor Sebagai Upaya Perbaikan Defisit Transaksi Berjalan tersebut mengupas banyak berbagai peluang usaha dari tanaman kelor tersebut.

Ia menjelaskan Aceh memiliki potensi tanaman kelor yang besar, sehingga jenis tanaman yang banyak mengandung nutrisi dan berbagai kandungan gizi lainnya itu, menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Serta diproses melalui prosedur standar agar memiliki kualitas yang baik.

Sedangkan permintaan dunia terhadap kelor sangat tinggi. Sementara pasokan kelor untuk pasaran dunia sekarang 80 persen berasal dari India. Akan tetapi, kualitas kelor dari Indonesia jauh lebih baik dari India, jelas Dudi Krisnadi.

Lanjutnya, nanti diharapkan produk kelor di Aceh dapat dilakukan di Aceh sendiri. Mulai dari tepung kelor, produk kosmetik dan lain sebagainya yang merupakan produk turunan dari kelor tersebut dapat dilakukan di Aceh. serta dapat diekspor melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada di Aceh, katanya lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
aceh, kelor

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup