Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Ruas Tol Waskita Segera Dapat Pendanaan Rp20 Triliun

Sebanyak tiga ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Toll Road bakal diguyur pemenuhan pembiayaan atau financial close melalui kredit investasi dari sindikasi perbankan sekitar Rp20 triliun pada akhir bulan ini.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 27 November 2018  |  08:29 WIB
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing - Youtube
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing - Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak tiga ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Toll Road bakal diguyur pemenuhan pembiayaan atau financial close melalui kredit investasi dari sindikasi perbankan sekitar Rp20 triliun pada akhir bulan ini.

Ketiga ruas tol tersebut adalah Cimanggis—Cibitung sepanjang 25,39 kilometer (km), Krian—Legundi—Bunder—Manyar sepanjang 38,29 km, dan Cibitung—Cilincing sepanjang 34,02 km.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan bahwa pemenuhan pembiayaan ketiga ruas tol tersebut rencananya dilakukan pada pekan ini.

“Kalau semuanya beres, rencana tanggal 29 November karena sindikasinya cukup banyak ya, sekitar 20 bank,” kata Herwidiakto kepada Bisnis.com, Sabtu (24/11/2018).

Herwidiakto menjelaskan bahwa sebagian besar kredit investasi tersebut akan dipakai untuk membayar contractor pre-financing (CPF).

Berbeda dengan skema pembiayaan konvensional, pada CPF kontraktor diminta menyelesaikan proyek terlebih dahulu dengan dana pembangunan yang diusahakan oleh kontraktor itu sendiri baru, kemudian hasilnya dibayar oleh badan usaha jalan tol.

Ketiga ruas tol tersebut tengah dalam proses konstruksi dan diperkirakan rampung pada tahun depan.

Kepala Basan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menuturkan bahwa proses pemenuhan pembiayaan ketiga ruas tol untuk membayar CPF tersebut akan memastikan pengerjaan proyek dapat selesai tepat waktu.

“Skema CPF ini kan temporary untuk membantu untuk proses di awal, tetapi harus financial close di akhir supaya semua tetap berjalan tepat waktu,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan jalan tol waskita toll road
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top