Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Ruas Tol Waskita Segera Dapat Pendanaan Rp20 Triliun

Sebanyak tiga ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Toll Road bakal diguyur pemenuhan pembiayaan atau financial close melalui kredit investasi dari sindikasi perbankan sekitar Rp20 triliun pada akhir bulan ini.
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing/Youtube
Proyek jalan tol Cibitung - Cilincing/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak tiga ruas tol yang konsesinya dimiliki PT Waskita Toll Road bakal diguyur pemenuhan pembiayaan atau financial close melalui kredit investasi dari sindikasi perbankan sekitar Rp20 triliun pada akhir bulan ini.

Ketiga ruas tol tersebut adalah Cimanggis—Cibitung sepanjang 25,39 kilometer (km), Krian—Legundi—Bunder—Manyar sepanjang 38,29 km, dan Cibitung—Cilincing sepanjang 34,02 km.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road Herwidiakto mengatakan bahwa pemenuhan pembiayaan ketiga ruas tol tersebut rencananya dilakukan pada pekan ini.

“Kalau semuanya beres, rencana tanggal 29 November karena sindikasinya cukup banyak ya, sekitar 20 bank,” kata Herwidiakto kepada Bisnis.com, Sabtu (24/11/2018).

Herwidiakto menjelaskan bahwa sebagian besar kredit investasi tersebut akan dipakai untuk membayar contractor pre-financing (CPF).

Berbeda dengan skema pembiayaan konvensional, pada CPF kontraktor diminta menyelesaikan proyek terlebih dahulu dengan dana pembangunan yang diusahakan oleh kontraktor itu sendiri baru, kemudian hasilnya dibayar oleh badan usaha jalan tol.

Ketiga ruas tol tersebut tengah dalam proses konstruksi dan diperkirakan rampung pada tahun depan.

Kepala Basan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menuturkan bahwa proses pemenuhan pembiayaan ketiga ruas tol untuk membayar CPF tersebut akan memastikan pengerjaan proyek dapat selesai tepat waktu.

“Skema CPF ini kan temporary untuk membantu untuk proses di awal, tetapi harus financial close di akhir supaya semua tetap berjalan tepat waktu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper