Perindo Berencana Tingkatkan Produksi Udang

Perum Perindo berencana memaksimalkan pemanfaatan lahan seluas 40 hektare (ha) milik perusahaan yang ada di Bengkayang, Kalimantan Barat untuk menggenjot produksi udang.
Juli Etha Ramaida Manalu | 07 November 2018 06:10 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- Perum Perindo berencana memaksimalkan pemanfaatan lahan seluas 40 hektare (ha) milik perusahaan yang ada di Bengkayang, Kalimantan Barat untuk menggenjot produksi udang.

Saat ini, pemanfaatan lahan tersebut masih sepertiganya dengan hasil sekitar 2.000 ton per tahun. 

"Rencananya tahun depan kami full-kan sehingga produksi bertambah," kata Sekretaris Perusahaan Perum Perindo Agung Pamujo kepada Bisnis, Selasa (6/11/2018).

Dengan dimaksimalkannya pemanfaatan lahan ini, produksi udang perusahaan diharapkan bisa meningkat hingga 2,5 kali tahun depan. 

Saat ini, perusahaan masih menjual udang untuk memenuhi kebutuhan domestik. Dengan adanya permintaan udang dari sejumlah negara seperti Filipina, Bangladesh, dan Afrika yang diperoleh dalam Trade Expo Indonesia beberapa waktu lalu, perusahaan juga mulai mempertimbangkan untuk mengekspor udang.

Selain udang dari tambak sendiri, suplai udang perusahaan pun biasanya didukung oleh mitra petambak udang.

Namun, untuk memenuhi permintaan ini, perusahaan dan mitra perlu melakukan perubahan dalam proses panen udang. Pasalnya, selama ini, ukuran udang untuk permintaan dalam negeri berkisar antara 50 ekor -30 ekor per kilogram sementara negara-negara tersebut meminta udang dengan ukuran lebih kecil yakni 100-200 ekor per kilogram.

“Jadi, sebenarnya kami juga bisa lebih untung karena masa budidayanya tidak lama. kami sekarang sedang proses dari hasil TEI (Trade Expo Indonesia) kemarin. Kita sedang investarisasi, review mana yang bisa kita penuhi, kita adakan,” jelasnya.

Tag : udang
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top