Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyerahan 26 Kapal Tol Laut Molor, Iperindo Sebut Dibangun 8 Galangan

Ikatan Industri Kapal dan Perusahaan Lepas Pantai Indonesia menyatakan 26 unit kapal yang terlambat diserahkan kepada Kementerian Perhubungan dibangun oleh delapan galangan anggota asosiasinya.
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu./Indonesia Travel
Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 46 akan segera beroperasi melintasi wilayah Kepulauan Seribu./Indonesia Travel

Bisnis.com, JAKARTA -- Ikatan Industri Kapal dan Perusahaan Lepas Pantai Indonesia (Iperindo) menyatakan 26 unit kapal yang terlambat diserahkan kepada Kementerian Perhubungan dibangun oleh delapan galangan anggota asosiasinya.

Askan Naim, Sekjen DPP Iperindo mengatakan, delapan fasilitas galangan anggota Iperindo itu hanya terlambat menyerahkan kapal dan bukan gagal bangun kapal.

"Kami sampaikan bahwa ada beberapa anggota Iperindo yang terlambat menyerahkan kapal itu. Ada 8 galangan tapi kami tidak menyebutnya satu persatu,"ujarnya kepada Bisnis, Kamis (18/10/2018).

Dia menjelaskan saat ini progres penyelesaian 26 unti kapal yang terlambat diserahkan dari delapan fasilitas galangan kepada Kemenhub itu masih terus dilaksanakan.

Askan menuturkan proses pembangunan kapal baru dari berbagai tipe kapal itu ters dikebut. "Rata-rata progresnya sudah diatas 90%, bervariatif bahkan ada yang sudah 97 %,"ungkapnya.

Askan melanjutkan asosiasinya telah meyurati Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan kebijakan perpanjangan waktu penyerahan kapal perintis Tol Laut hingga Desember 2018 serta keringanan dendanya melalui Surat Iperindo bernomor 029/IP/DPP-KU/09-2018.

Dia mengemukakan anggota Iperindo itu hanya terlambat menyerahkan kapal sehingga tetap dikenakan denda keterlambatan sesuai peraturan presiden (Perpres) barang dan jasa mengingat kontrak berakhir sejak 31 April 2018.

"Memang benar, Iperindo memohon sebagai wadah asosiasi yang menaungi anggota untuk meminta bebas (denda) itu, tetapi tapi kalau tidak dikasih bebas ya nggak apa-apa, namanya usaha," ucapnya.

Direktur National Maritime Institute (Namarin) Siswanto Rusdi, menyatakan prihatin dengan molornya penyerahan kapal tol laut dari delapan fasilitas galangan kapal itu.

Dia mengingatkan hal itu agar tidak terjadi patgulipat antara Kemenhub dan industri galangan dalam proyek tersebut serta demi transparansi kepada publik.

"Harus di audit dong itu kok bisa molor?.Kemenhub kan seharusnya sudah mengetahui kapasitas masing-masing galangan saat dilakukan tender proyek pembangunannya," ujarnya kepada Bisnis, Kepada Bisnis (18/10/2018).

Dalam program pengadaan kapal program tol laut 2015-2018, mesti diserahkan sesuai kontrak pada April 2018. Namun dari 150-an kapal yang dibangun hingga kini masih terdapat 26 unit kapal yang belum diserahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhmad Mabrori
Editor : Hendra Wibawa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper