Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13 Tol Bakal Beroperasi Pada Oktober-Desember Tahun Ini

Sebanyak 13 ruas tol dengan total panjang 473,9 km ditargetkan siap untuk dioperasikan sepanjang Oktober--Desember tahun ini.
Jalan tol Gempol - Pandaan di Jawa Timur./Istimewa-Jasa Marga
Jalan tol Gempol - Pandaan di Jawa Timur./Istimewa-Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebanyak 13 ruas tol dengan total panjang 473,9 km ditargetkan siap untuk dioperasikan sepanjang Oktober--Desember tahun ini.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, terdapat empat ruas tol baru sepanjang yang siap dioperasikan pada Oktober. Keempat ruas tersebut yakni Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 (37,3 km), Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun (SS) Pemalang (5,4 km), Solo-Ngawi segmen SS Sragen-Ngawi (50,9 km) dan Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,4 km). 

Pada November, ditargetkan 2 ruas tol baru siap untuk dioperasikan, yakni tol Pemalang-Batang seksi I dan II (SS Pemalang-Batang) sepanjang 33,8 km dan Semarang-Solo seksi 4 dan 5 (Salatiga-Kartasura) sepanjang 32,5 km. 

Pada Desember, sebanyak 7 ruas tol dengan total panjang 292,8 km siap untuk dioperasikan. Ketujuh ruas tol tersebut merupakan bagian dari ruas tol Trans Jawa dan Sumatera, yakni Batang-Semarang seksi 1-5 (75 km), Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono yang dibiayai APBN (39,1 km), Kertosono-Mojokerto seksi 4 (0,9 km).

Selain itu, relokasi Porong-Gempol (Porong-Kejapanan) sepanjang 6,3 km, Gempol-Pasuruan seksi 3 Pasuruan-Grati (12,2 km), Pasuruan-Probolinggo seksi 1-3 Grati-Probolinggo Timur (32,4 km), dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 1-4 sepanjang 126,9 km. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan tol yang masif bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah guna menurunkan biaya logistik sebagai amanat Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam meningkatkan daya saing.

"Melalui skema KPBU, pemerintah bertujuan mengatasi ketimpangan pendanaan (financial gap) infrastruktur, terutama jalan tol demi ketepatan waktu penyelesaiannya, sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi negara dan masyarakat" kata Basuki lewat keterangan resmi, Minggu (14/10/2018).

Dalam tiga tahun terakhir (2015-2017), panjang ruas tol baru yang beroperasi di Indonesia telah bertambah 332 Km. Sementara dari bulan Januari hingga September 2018, panjang jalan tol yang telah beroperasi mencapai 136,1 km. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper