Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

300 Lampu Jalan di Kabupaten Takalar Pakai Tenaga Surya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) akan membangun 300 titik lampu Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo
Lampu jalan/Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) akan membangun 300 titik lampu Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

"PJU-TS memanfaatkan potensi energi matahari yang diubah menjadi energi listrik melalui proses yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi. Lampu yang digunakan adalah jenis LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE Wawan Supriatna dikutip dari laman resmi Ditjen EBTKE, Rabu (10/10/2018).

Wawan menuturkan bahwa pembangunan PJU-TS di Kabupaten Takalar menggunakan APBN Tahun Anggaran 2018 dan dilaksanakan atas usulan Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar.

"Pengembangan EBT di Kabupaten Takalar tidak terlepas dari peran komisi VII DPR RI dan Pemda Takalar yang sangat berperan aktif dalam program percepatan pengembangan EBT di Kabupaten Takalar," katanya.

Perwakilan Perangkat Daerah di Kabupaten Takalar menyampaikan komitmen untuk mengawal proses pembangunan PJU-TS.

"Harapan ke depan program-program Pemerintah Pusat dapat sampai di Kabupaten Takalar dan kami siap untuk mengawal proses pembangunannya," kata Camat Galesong Utara Parawangsa.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung mengungkapkan harapannya ingin menjadikan Kabupaten Takalar sebagai percontohan dalam pengembangan EBT di Sulawesi Selatan. Tamsil juga mengharapkan pemerintah pusat membangun infrastruktur yang berdampak langsung kepada masyarakat.

"PJU-TS yang akan diterima oleh Takalar tahun 2018 sebanyak 300 unit. Ini termasuk yang terbanyak, yang diterima dibandingkan kabupaten yang lain. Saya mendukung dan ingin menjadikan Kabupaten Takalar sebagai pilot project dalam pengembangan EBT di Sulawesi Selatan," ujar Tamsil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper