Ada Aksi Diam, Layanan 10 Kapal di Pelabuhan Teluk Bayur Masih Normal

PT Pelabuhan Indonesia II/IPC menyatakan layanan kapal dan bongkar muat barang di pelabuhan Teluk Bayur Sumatra Barat berjalan lancar.
Akhmad Mabrori | 08 Oktober 2018 11:14 WIB
Refleksi tumpukan peti kemas di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Teluk Bayur yang dikelola Pelindo II, di Padang, Sumatra Barat, Kamis (14/9). - ANTARA/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia II/IPC menyatakan layanan kapal dan bongkar muat barang di pelabuhan Teluk Bayur Sumatra Barat berjalan lancar.

"Sejak pagi hari layanan kapal dan bongkar muat berjalan seperti biasa, tidak ada mogok kerja seperti yang dikhawatirkan," ujar General Manager Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II cabang Teluk Bayur Armen Amir, kepada Bisnis, Senin (8/10/2018).

Dia mengatakan, berdasarkan data pusat pelayanan satu atap di pelabuhan Teluk Bayur terhitung hari ini (8/10/2018) terdapat 10 kapal yang melaksanakan bongkar muat, dan beberapa kapal sudah selesai dilayani oleh Pelindo II Teluk Bayur kegiatan bongkar muatnya.

Saat ini, beberapa kapal sedang melayani menyelesaikan bongkar muat komoditas cangkang sawit, semen dan pupuk dalam kemasan.

Armen melanjutkan ke-10 kapal yang dilayani di Pelabuhan Teluk Bayur itu yakni KM Bahteta Mega di kade IV bermuatan 6.024 ton komoditas pupuk bag, KM Ayumas Samudera bemuatan semen bag dengan volume 6.500 ton di kade DBU, KM Bunsho di kade DSB dengan volume 2.500 ton semen bag, SPOB JJ Pacific bermuatan CPO sebanyak 3.441 ton, MT Edricko I bermuatan 998 ton aspal.

Kemudian, KM Matsusaka bermuatan 11.000 ton komoditi cangkang, KM Pase Jaya bermuatan 4.700 ton semen curah, KM Swadaya Lestari bermuatan 9.000 ton semen curah, KM Putra Kusuma (kade I) mengangkut penumpang, dan KM Meratus lembar bongkar muat 700 bok peti kemas.

"Manejemen pelabuhan Teluk Bayur pastikan layani semua kapal dan bongkar muatnya semua kapal tersebut. Kalau PBM-nya gak mau kerja, ya kita yang mengerjakan demi menjamin kelancaran arus barang di pelabuhan,"paparnya.

Menurutnya, pihaknya sudah menggelar rapat kordinasi dengan seluruh instansi terkait termasuk dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Teluk Bayur maupun Unsur Kepolisian di Pelabuhan.

Di pelabuhan itu pada hari ini digelar aksi diam atau tidak bekerja mulai pukul 08.00 WIB dalam rangka menyuarakan tuntutan para pekerja yang diwakili asosiasi terkait di pelabuhan Teluk Bayur antara lain; asosiasi perusahaan bongkar muat Indonesia (APBMI) Sumatera Barat, Indonesia National Shipowners Association (INSA), Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI), serta Koperbam Pelabuhan Teluk Bayur dan Koperasi Angkutan Barang Pelabuhan (Kopanbabel) Teluk Bayur.

Tag : pelabuhan teluk bayur
Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top