Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Family Mart Buka Gerai ke-104, Targetkan 120 Gerai Hingga Akhir 2018

Membuka gerainya yang ke-104, Familiy mart optimistis dapat merampungkan target 120 gerai hingga akhir tahun.
Gerai ke-104 Family Mart di Jakarta./M. Richard
Gerai ke-104 Family Mart di Jakarta./M. Richard

Bisnis.com, JAKARTA -- Membuka gerainya yang ke-104, Familiy mart optimistis dapat merampungkan target 120 gerai hingga akhir tahun.

Chief Executive Officer Family Mart Wirry Tjandra mengatakan pertumbuhan omzet sangat baik, dan Family Mart akan terus membuka gerai barunya. Bahkan, dalam 5 tahun ke depan Family masih optimistis dapat membuka hingga 600 gerai.

"Kalau pertumbuhan kita cuma single digit kami tidak akan bisa membuka gerai sebanyak ini, cuma kami tidak bisa publish angkanya," katanya, dalam konfrensi pers pembukaan gerai Family Mart di Smesco Indonesia, Senin (1/9/2018).

Adapun, Wirry mengatakan pembukaan gerai selanjutnya masih akan berada di daerah Jabodetabek. Pasalnya, daerah tersebut memang menjadi target pasar, dan Family Mart maaih melihat banyak peluang untuk membuka gerai di daerah ibukota dan sekitarnya.

Selain itu, tidak hanya membuka gerai baru, gerai ke-104 yang bekerja sama dengan Smesco Indonesia dan menyediakan tempat khusus untuk 100 lebih produk usaha kecil dan menengah.

Sementara ini, produk UKM tersebut akan menjalani tes pasar dan dievaluasi tingkat keterimaannya di masyarakat. Jika produk dapat diterima oleh pelanggan dan mampu memenuhi standar Familiy Mart, Wirry mengatakan pihaknya akan menyediakan produk UKM tersebut di empat gerai Family Mart di Bandara.

Menambahkan, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Emilia Suahaimi mengatakan produk UKM yang masuk ke Family Mart bukan hanya sekedar produk yang diberikan kesempatan.

Produk UKM tersebut pastinya memenuhi persyaratan dan mampu memasok untuk kebutuham Familiy Mart yang besar. Adapun, standart tersebut a.l. pangan industri rumah tangga (PIRT), mendapat sertifikasi BPOM bagi makanan berkategori rantai dingin, standar kemasan, standar masa konsumsi dan standar halal.

"Selain mendapat pasar pelaku UKM juga harus diuji, apakah mereka benar-benar mampu untuk memenuhi standart ritel modern yang ada," ucapnya.

Dengan begitu, Emilia mengatakan pembukaan kerja sama Smesco Indonesia dengan family Mart kali ini tidak akan menimbulkan kecemburuan dari pelaku UKM.

Adapun, Emilia menjelaskan 3 tahun yang lalu Seven Eleven membuka gerainya di Smesco Indonesia, tetapi keberadaannya sering mendapat cibiran karena keberadaan Seven Eleven disinyalir tidak memberikan keberpihakan kepada produk KUKM Indonesia.

"Familiy Mart juga menjalankan aturan Menteri Perdagangan dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Mungkin yang Seven Eleven dulu itu kurang halus saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Richard

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper